PENGARUH STRATEGI CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PENGEMBANGAN KOSAKATA BAHASA ARAB (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X MAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA)

Eka Mardiyana Rosila, NIM. 12420017 (2016) PENGARUH STRATEGI CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PENGEMBANGAN KOSAKATA BAHASA ARAB (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X MAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH STRATEGI CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PENGEMBANGAN KOSAKATA BAHASA ARAB (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X MAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA))
12420017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH STRATEGI CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PENGEMBANGAN KOSAKATA BAHASA ARAB (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X MAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA))
12420017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan model design eksperimen kuasi (Quasi Experimental). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Pakem Sleman. Kemudian dipilih sampel kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji “t” dengan bantuan SPSS 16.0 yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kosakata bahasa Arab dengan menggunakan strategi crossword puzzle lebih efektif daripada tanpa menggunakan strategi crossword puzzle terhadap minat belajar dan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas X MAN Pakem Sleman. Hasil penelitian ini menunjukkan: Pertama, adanya pengaruh strategi crossword puzzle terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa dalam pengembangan kosakata bahasa Arab pada siswa Kelas X MAN Pakem Sleman Yogyakarta. Penggunaan strategi crossword puzzle terhadap minat belajar sangat berpengaruh, dengan hasil nilai 66,8125 berubah menjadi 76,2500. Kedua, adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari perubahan rata-rata nilai pretest ke posttest pada masingmasing kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Rata-rata nilai pretest sebesar 13,2812 dan nilai posttest sebesar 24,2500 pada kelas eksperimen. Sedangkan kelas kontrol rata-rata nilai pretest sebesar 12,2812 dan nilai posttest sebesar 16.0312. Dari sini bisa dilihat perubahan yang paling signifikan, yaitu perubahan nilai pretest ke posttest pada kelas eksperimen. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan yang signifikan pada pengembangan kosakata bahasa Arab yang menggunakan strategi crossword puzzle. Kata kunci: Strategi Crossword Puzzle, Minat Belajar, Hasil Belajar, Kosakata Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sembodo Ardi Widodo, S.Ag., M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Strategi Crossword Puzzle, Minat Belajar, Hasil Belajar, Kosakata Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Nov 2016 02:18
Last Modified: 30 Nov 2016 02:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21909

Actions (login required)

View Item View Item