HUBUNGAN ANTARA KEIKUTSERTAAN SISWA DALAM KEGIATAN BELAJAR MALAM DENGAN PRESTASI BELAJAR QUR’AN HADITS SISWA KELAS IX MTS PON PES AL IMAN MUNTILAN

ALFATCHUSHODIQIN, NIM. 09410290 (2016) HUBUNGAN ANTARA KEIKUTSERTAAN SISWA DALAM KEGIATAN BELAJAR MALAM DENGAN PRESTASI BELAJAR QUR’AN HADITS SISWA KELAS IX MTS PON PES AL IMAN MUNTILAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA KEIKUTSERTAAN SISWA DALAM KEGIATAN BELAJAR MALAM DENGAN PRESTASI BELAJAR QUR’AN HADITS SISWA KELAS IX MTS PON PES AL IMAN MUNTILAN)
09410290_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (19MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA KEIKUTSERTAAN SISWA DALAM KEGIATAN BELAJAR MALAM DENGAN PRESTASI BELAJAR QUR’AN HADITS SISWA KELAS IX MTS PON PES AL IMAN MUNTILAN)
09410290_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

ALFATCHUSHODIQIN. 09410290. Hubungan Keikutsertaan Siswa dalam Kegiatan Belajar Malam dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Qur’an Hadits Siswa Kelas IX MTs Pon Pes Al Iman Muntilan. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya kegiatan belajar sangat berpengaruh pada prestasi belajar. Siswa yang mampu mengikuti kegiatan belajar malam dengan tertib dan disiplin tinggi juga mempunyai prestasi belajar mata pelajaran Qur’an Hadits yang tinggi. Namun dalam kenyataannya masih ada siswa yang mengikuti kegiatan belajar malam dengan tertib dan disiplin tinggi akan tetapi mempunyai prestasi belajar yang dibawah standar kriteria ketuntasan minimal (KKM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tingkat prestasi belajar mata pelajaran Qur’an Hadits siswa kelas IX, untuk mendiskripsikan tingkat keikutsertaan siswa dalam kegiatan belajar malam, dan untuk menguji secara empiris hubungan antara keikutsertaan siswa dalam kegaiatan belajar malam dengan prestasi belajar mata pelajaran Qur’an Hadits siswa kelas IX MTs Pon Pes Al Iman Muntilan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi siswa kelas IX MTs Pon Pes Al Iman Muntilan. Pengumpulan data menggunakan teknik angket, dokumentasi dan observasi. Analisis instrument meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas menunjukkan 22 dari 24 item yang diujicobakan kepada 16 siswa terbukti valid. Uji reliabilitas menunjukkan reliabel dengan nilai koefisien reliabilitas sebesar 0.928. Analisi data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi Product Moment Person. Hasil penelitian menunjukkan: (1) tingkat prestasi belajar mata pelajaran Qur’an Hadits siswa kelas IX MTs Pon Pes Al Iman Muntilan keseluruhan tinggi. (2) Tingkat keikutsertaan siswa dalam kegiatan belajar malam secara umum tinggi. (3) Tidak ada hubungan positif antara keikutsertaan siswa dalam kegiatan belajar malam dengan prestasi belajar mata pelajaran Qur’an Hadits siswa kelas IX MTs Pon Pes Al Iman Muntilan. (rxy = 0.114, P value 0.05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sri Purnami, S.Psi, MA
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 17 Oct 2016 14:10
Last Modified: 17 Oct 2016 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22474

Actions (login required)

View Item View Item