PENGARUH PENERAPAN METODE YANBU’A TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS X SMK MA’ARIF 1 WATES TAHUN AJARAN 2015/2016

LIA INDRAYANI, NIM. 12410231 (2016) PENGARUH PENERAPAN METODE YANBU’A TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS X SMK MA’ARIF 1 WATES TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN METODE YANBU’A TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS X SMK MA’ARIF 1 WATES TAHUN AJARAN 2015/2016)
12410231_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN METODE YANBU’A TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS X SMK MA’ARIF 1 WATES TAHUN AJARAN 2015/2016)
12410231_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Lia Indrayani. Pengaruh Metode Yanbu’a Terhadap Keterampilan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas X SMK Ma’arif 1 Wates Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang masalah penelitian ini adalah siswa SMK Ma‟arif 1 Wates sudah banyak yang bisa membaca Al-Qur‟an, akan tetapi masih banyak hal yang perlu diperbaiki dalam membaca Al-Qur‟an, salah satunya yaitu tentang kaidahkaidah dalam membaca Al-Qur‟an. Oleh karena itu diperlukan suatu metode dalam pembelajaran Al-Qur‟an di SMK Ma‟arif 1 Wates. Metode yang digunakan dalam pembelajaran Al-Qur‟an di SMK Ma‟arif 1 Wates yaitu metode Yanbu’a. Harapannya, para siswa dapat membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang pengaruh metode Yanbu’a terhadap keterampilan membaca Al-Qur‟an siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya pengaruh metode Yanbu’a terhadap keterampilan membaca Al-Qur‟an siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Ma‟arif 1 Wates tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 141 siswa, dan sampel diambil secara acak sejumlah 50 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrument penelitian telah lulus uji validitas, reliabilitas, normalitas maupun linieritas. Analisis validitas menunjukkan 24 butir angket penerapan metode Yanbu’a terbukti 16 valid dan 8 tidak valid. Koefisien kegiatan metode Yanbu’a menunjukkan reliabilitas sebesar 0,665 sehingga dinyatakan reliabel. Uji normalitas antara kegiatan metode Yanbu’a dan keterampilan membaca al-Qur‟an santri didapatkan dengan taraf signifikan 5% adalah 0,400 0,05 0,436. Dan uji linieritas menunjukan nilai hasil linieritas pada variabel penerapan metode Yanbu’a dengan keterampilan membaca Al-Qur‟an siswa yaitu 19,014 1,6671 dan signifikansi dengan p = 0,000 0,005, membentuk garis lurus linieritas. Analisis data meliputi analisis statistik deskriptif, dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Tingkat efektifitas penerapan metode Yanbu’a di SMK Ma‟arif 1 Wates berada dalam kategori "efektif" dengan perolehan skor rata-rata sebesar 55,68 dan angka rata-rata masuk dalam kategori rentangan 49-59, dengan jumlah kategori skor "Efektif" sebanyak 44 responden, dan kategori "Sangat Efektif" sebanyak 6 responden. 2) Tingkat keterampilan membaca Al-Qur‟an siswa kelas X SMK Ma‟arif 1 Wates berada dalam kategori sangat baik dengan perolehan skor rata-rata sebesar 79,68, dan angka rata-rata masuk dalam kategori rentangan 75-92, dengan jumlah kategori skor "Sangat Baik" sebanyak 50 responden. 3) Ada pengaruh positif antara penerapan metode Yanbu’a dengan keterampilan membaca Al-Qur‟an siswa kelas X SMK Ma‟arif 1 Wates tahun ajaran 2015/2016. Keterampilan membaca Al- Qur‟an siswa kelas X SMK Ma‟arif 1 Wates tahun ajaran 2015/2016 dipengaruhi oleh metode Yanbu’a sebesar 28,4%, sedangkan 71,6% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Munawwar Khalil, SS, M. Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Oct 2016 14:44
Last Modified: 17 Oct 2016 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22496

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum