IMPLEMENTASI PROPHETIC PARENTING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI SD INTERNATIONAL ISLAMIC SCHOOL (INTIS) YOGYAKARTA

JAA RIZKA PRADANA, NIM.11480052 (2016) IMPLEMENTASI PROPHETIC PARENTING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI SD INTERNATIONAL ISLAMIC SCHOOL (INTIS) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROPHETIC PARENTING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI SD INTERNATIONAL ISLAMIC SCHOOL (INTIS) YOGYAKARTA)
11480052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROPHETIC PARENTING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI SD INTERNATIONAL ISLAMIC SCHOOL (INTIS) YOGYAKARTA)
11480052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (906kB)

Abstract

Terdegradasinya karakter anak bangsa bukanlah suatu cerita baru. Modernisasi dan globalisasi setidaknya telah menggugurkan beragam karakter yang terjaga. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mencari jawaban namun praktik-praktik pendidikan yang terjadi belum menyentuh aspek pembentukan karakter. Maka diperlukan satu formulasi untuk mencoba menjawabnya yakni dengan melakukan pendidikan dengan pendekatan prophetic parenting. SD INTIS Yogyakarta merupakan lembaga pendidikan yang menerapkan prophetic parenting. Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui prophetic parenting yang ada di SD INTIS Yogyakarta dan peranannya dalam pembentukan karakter. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru PAI, wali kelas III, IV, V, beberapa siswa-siswi dan kepala sekolah SD INTIS Yogyakarta. Objeknya adalah prophetic parenting di SD INTIS Yogyakarta dalam pembentukan karaker. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memfokuskan pada hal-hal yang menjadi pokok bahasan, triangulasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Melalui data-data yang diperoleh dari hasil penelitian di lapangan, bahwa prophetic parenting merupakan upaya guru dalam membimbing, mengarahkan, serta menumbuhkan potensi siswa sesuai dengan nilai-nilai kenabian dan berdasarkan keadaan psikologi siswa. Implementasi prophetic parenting SD INTIS Yogyakarta dilakukan melalui suri tauladan yang baik, memberikan pengarahan, bersikap adil dan menyamakan pemberian, membantu berbakti, tidak suka marah dan mencela, bercerita (story telling), langsung pada inti persoalan dan Tanya jawab (2) Peran prophetic parenting dalam pembentukan karakter merupakan kesesuaian antara prophetic parenting dengan usaha-usaha yang mengarah terhadap terbentuknya karakter siswa. Ada tiga ranah pada proses pembentukan karakter melalui pendekatan prophetic parenting yakni ranah pengetahuan yang berupa terbentuknya pengetahuan siswa tentang moralitas, ranah perasaan yang merupakan pembentukan emosi pada siswa, serta perlakuan atau tindakan yang berupa dimensi perilaku melalui pembiasaan serta keteladanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Maemonah, M. Ag,
Uncontrolled Keywords: Prophetic Parenting, karakter
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Nov 2016 08:20
Last Modified: 30 Nov 2016 08:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22773

Actions (login required)

View Item View Item