Ma'aniy harf al jar al Lam fi surat al kahf wa tariqah ta'limiha (dirasah tahliliyyah min hayth tarkib al lughawiyyah al tariqah)

Nuzilatus Shaumi, NIM. 12420077 (2016) Ma'aniy harf al jar al Lam fi surat al kahf wa tariqah ta'limiha (dirasah tahliliyyah min hayth tarkib al lughawiyyah al tariqah). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Ma'aniy harf al jar al Lam fi surat al kahf wa tariqah ta'limiha (dirasah tahliliyyah min hayth tarkib al lughawiyyah al tariqah))
12420077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Ma'aniy harf al jar al Lam fi surat al kahf wa tariqah ta'limiha (dirasah tahliliyyah min hayth tarkib al lughawiyyah al tariqah))
12420077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kedudukan dan makna huruf jar yang terdapat pada surat al- kahfi, huruf jar yang berjumlah 20 masing – masing memiliki makna yang bermacam – macam, sehingga jika ingin mengetahui makna yang terkandung dalam suatu kalimat kita harus mengetahui lebih dahulu konteks kalimat dan kedudukan huruf jar tersebut. Dan untuk hasil yang lebih akurat maka contoh-contoh yang di paparkan di ambil dari Al-quran. Penelitian ini juga membahas tentang metode dan model aplikasi yang sesuai dalam mengajarkan makna dan kedudukan huruf jar yang terdapat dalam surat al – kahfi. Jenis penelitian ini adalah library research (penelitian kepustakaan) dengan kitab – kitab klasik serta kontemporer di antaranya : kitab “ jami’ ad-durus al-arabiyah” karya Musthofa Al- Ghulayaini dan kitab “ Mudzakirah an-nahwiyah wa as-sharfiyah” karya Ahmad Hasyim serta kitab – kitab yang relevan dengan skripsi ini. objek kajian dalam penelitian ini adalah surat Al- kahfi. Metode analisis yang di gunakan adalah reduksi data. Hasil penelitian ini yaitu ada 249 huruf jar dalam surat al-kahfi, sedangkan huruf jar al-lam dalam surat Al-kahfi disebutkan sebanyak 58 kali dan memiliki makna diantaranya yang paling banyak Al-Ikhtishas, Al- Milku, dan Al-Ta’lil. Metode yang sesuai untuk huruf jar dan kedudukannya yaitu dengan metode induksi di mana guru memberikan contoh-contoh terlebih dahulu kemudian kaidah, metode ini sesuai karena langkah – langkah pembelajarannya sistematis dan lebih dipahami oleh pemula atau murid yang baru mempelajari bahasa Arab. Kata Kunci : Huruf Jar, Metode Induksi, Surat Al-kahfi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Zainal Arifin A., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Huruf Jar, Metode Induksi, Surat Al-kahfi.
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Dec 2016 08:15
Last Modified: 13 Dec 2016 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22837

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum