EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

NURMALITA SARI, NIM. 09690017 (2016) EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA)
09600018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA)
09600018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) keefektifan pendekatan kontekstual dengan metode Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. 2) keefektifan pendekatan kontekstual dengan metode Numbered Head Together (NHT) terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMP dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan desain Pretest-posttest Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu metode NHT, variabel terikat yaitu hasil belajar dan motivasi belajar siswa, dan variabel kontrol yaitu materi, waktu pembelajaran, dan guru mata pelajaran.Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP N 9 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 204 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Terpilh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan independent sample t-test dengan bantuan program SPSS 16.0, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran matematika menggunakan pendekakatan kontekstual dengan metode NHT lebih efektif terhadap hasil belajar siswa daripada metode pembelajaran konvensional. 2) pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual dengan metode NHT tidak lebih efektif terhadap motivasi belajar siswa daripada metode pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sintha Sih Dewanti, S. Pd.Si., M.Pd.Si,
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pendekatan Kontekstual, Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 14 Dec 2016 07:19
Last Modified: 14 Dec 2016 07:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22892

Actions (login required)

View Item View Item