EKSPERIMENTASI PENGAJARAN DI LUAR KELAS DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS (KITĀBAH) SISWA DI MTS NEGERI SLEMAN KOTA YOGYAKARTA 2015/2016 SKRIPSI DIAJUKAN KEPADA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM

NADIA ARIFATUL KHOIRI FAUZI, NIM. 11420106 (2016) EKSPERIMENTASI PENGAJARAN DI LUAR KELAS DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS (KITĀBAH) SISWA DI MTS NEGERI SLEMAN KOTA YOGYAKARTA 2015/2016 SKRIPSI DIAJUKAN KEPADA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI PENGAJARAN DI LUAR KELAS DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS (KITĀBAH) SISWA DI MTS NEGERI SLEMAN KOTA YOGYAKARTA 2015/2016 SKRIPSI DIAJUKAN KEPADA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM)
11420106_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI PENGAJARAN DI LUAR KELAS DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS (KITĀBAH) SISWA DI MTS NEGERI SLEMAN KOTA YOGYAKARTA 2015/2016 SKRIPSI DIAJUKAN KEPADA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM)
11420106_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran bahasa Arab siswa di Mts N Sleman Kota Yogyakarta untuk meningkatkan kemampuan menulis dengan menggunakan pembelajaran di luar kelas. Dengan pengajaran ini diharapkan dapat memunculkan keinginan untuk belajar bahasa Arab. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan mengambil lokasi di MTs N Sleman Kota Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa cara yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian ini diterapkan untuk kelas VIII di MTs N Sleman Kota Yogyakarta. Pembelajaran lebih dulu dilakukan di dalam kelas, peneliti memberi materi yang dilanjutkan dengan pre test. Selanjutnya pembelajaran dilakukan di luar kelas dengan perkenalan pada kosakata yang terdapat di lingkungan sekolah, kemudian penjelasan qawā’id dan latihan menulis kosakata ke dalam kalimat kemudian post test. Dalam penelitian yang dilakukan penulis pengajaran bahasa Arab dengan menggunakan pengajaran di luar kelas dapat dilihat dari beberapa hal : Hasil penelitian menunjukkan bahwa Uji T post test antara kelas eksperimen dan kelas control didapatkan nilai thitungttabel 12,1411,660 pada taraf signifikasi 5% dapat disimpulkan bahwasanya terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan Uji T peningkatan pre test dan post test kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan thitungttabel didapatkan nilai 9,8781,660 pada taraf signifikasi 5%. Yang berarti terdapat peningkatan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan pengajaran bahasa Arab di luar kelas khususnya untuk kelas VIII di Mts N Sleman Kota Yogyakarta 2015/2016.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurhadi, M.A
Uncontrolled Keywords: Menulis, Pengajaran di Luar Kelas
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 22 Dec 2016 11:49
Last Modified: 22 Dec 2016 11:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23206

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum