PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI INDUSTRI BATIK OLEH KELOMPOK “BATIK CARICA LESTARI” (Studi di Desa Talunombo Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo)

Rini Susanti, NIM. 12230050 (2016) PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI INDUSTRI BATIK OLEH KELOMPOK “BATIK CARICA LESTARI” (Studi di Desa Talunombo Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text
12230050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12230050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf

Download (909kB) | Preview

Abstract

Batik merupakan salah satu warisan budaya nenek moyang bagi bangsa Indonesia. Di Desa Talunombo sendiri terdapat sebuah industri batik yang memproduksi batik khas Wonosobo dengan motif tanaman lokal Wonosobo. Dengan adanya industri batik tersebut mampu memberdayakan perekonomian masyarakat khususnya anggota kelompok Batik Carica Lestari. Industri batik tersebut memiliki prospek kedepan yang baik, karena tetap mempertahankan nilai-nilai lokal dengan menggunakan motif carica dan purwaceng. Sekarang ini kain batikkhas Wonsobo dijadikan sebagai seragam-seragam sekolah dan juga seragam dinas di Kabupaten Wonosobo. Hal tersebut menjadi suatu ketertarikan peneliti untuk melakukan penelitian. Rumusan masalah yang diajukan pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui industri batik di Desa Talunombo oleh kelompok Batik Carica Lestari. 2) Bagaimana dampak positif adanya industri batik bagi peningkatan perekonomian pengrajin batik di desa Talunombo. Tujuan penulisannya adalah mendiskripsikan strategi pemberdayaan ekonomi yang dilakukan oleh kelompok Batik Carica Lestari dan dampak positif terhadap peningkatan perekonomian anggota kelompok Batik Carica Lestari, untuk menjawab rumusan masalah yang ada, peneliti menggunakan teorinya Mubyarto tentang strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat, Musa Asy’arie tentang upaya pengembangan industri dan Sumitro Djojohadikusumo tentang dampak adanya industri.Pendekatan penelitian yang dilakukan peneliti adalah jenis penelitian kualitatif, dalam penentuan informan menggunakan snowball sampling, informan penelitian ini yaitu ketua kelompok Batik Carica Lestari, anggota kelompok Batik Carica Lestari, Kasi Pembangunan Desa Talunombo. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh kelompok Batik Carica Lestari dengan melalui tiga tahap, yaitu: 1) Memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. 2) Membangun jiwa wirausaha dengan menerapkan ilmu yang didapatkan. 3) Melakukan sharing dengan pihak pemerintah, sehingga pemerintah Kabupaten Wonosobo berupaya melindungi industri batik agar kegiatan produksi tetap berjalan. Dampak positif yang dirasakan meliputi: 1) Meningkatkan pendapatan kelompok, 2) Membangun pedesaan yang sejahtera dan maju, 3) Meningkatkan partisipasi masyarakat, 4) Terbentuknya lapangan kerja baru. Kata Kunci : Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Industri Batik, Desa Talunombo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Fajrul Munawir, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Industri Batik, Desa Talunombo.
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Dec 2016 14:38
Last Modified: 30 Dec 2016 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23343

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum