PRINSIP DAN PENERAPAN PRODUK MITRA MABRUR SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP ASPEK KEUANGAN LEMBAGA ASURANSI SYARIAH (Studi AJB Bumiputera Syariah Yogyakarta)

FAJAR TRI SUSANTO, NIM 12240021 (2016) PRINSIP DAN PENERAPAN PRODUK MITRA MABRUR SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP ASPEK KEUANGAN LEMBAGA ASURANSI SYARIAH (Studi AJB Bumiputera Syariah Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PRINSIP DAN PENERAPAN PRODUK MITRA MABRUR SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP ASPEK KEUANGAN LEMBAGA ASURANSI SYARIAH (Studi AJB Bumiputera Syariah Yogyakarta))
12240021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PRINSIP DAN PENERAPAN PRODUK MITRA MABRUR SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP ASPEK KEUANGAN LEMBAGA ASURANSI SYARIAH (Studi AJB Bumiputera Syariah Yogyakarta))
12240021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (671kB)

Abstract

Produk Mitra Mabrur adalah salah satu produk unggulan dari AJB Bumiputera Syariah dan merupakan produk yang awal pada masa berdirinya AJB Bumiputera Syariah. Tujuan pada produk ini adalah untuk memudahkan para nasabah/Polis untuk menghimpun dana dalam melaksanakan Rukun Islam yang ke 5 yaitu Ibadah haji. Sebagai lembaga Asuransi Syariah tentunya dalam menentukan produk ini haruslah dengan prinsip-prinsip dalam syariah. Adapun produk ini berpengaruh besar pada perkembangan dan kemajuan lembaga Asuransi Syariah. Di antaranya adalah dari segi keuangan pada lembaga tersebut. Jenis penelitian ini adalah dengan menggunakan kualitatif Deskriptif, yaitu dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Serta di lakukan analisis dari data yang telah terkumpul . dan penulis menggunakan teknik tringulasi sumber data dan tringulasi teknik pengumpulan data. Yaitu teknik pemeriksaan keabsahan dan pengecekan sebagai pembanding terhadap data itu. Hasil penelitisn ini menunjukan bahwa prinsip syariah pada produk Mitra Mabrur adalah dengan munggunakan akad Mudharabah, dan sifatnya adalah toling menolong, dan pada produk ini juga terdapat nilai investasi yang menggiurkan dan di gunakan untuk menarik masyarakat untuk bergabung pada AJB Bumiputera Syariah. Investasi pada produk ini yaitu dengan pembagian 70% untuk nasabah/polis dan 30% untuk perusahaan, dan bukan hanya investasi. Ada juga proteksi dan asuransi jiwa untuk para nasabah/pemegang polis. Dengan adanya produk ini terbukti sangat berpengaruh terutama dalam aspek keuangan asuransi syariah, yaitu dengan menjadikan produk ini sebagai produk pembiayaan haji, angsuran menambah keuntungan bagi perusahaan dan tentunya menambah pasokan dana dari para polis/nasabah Kata Kunci: Prinsip Dan Penerapan Produk

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Okrisal Eka Putra, Lc, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Prinsip Dan Penerapan Produk
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Jan 2017 02:13
Last Modified: 05 Jan 2017 02:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23361

Actions (login required)

View Item View Item