PENGARUH PEMANFAATAN JURNAL ELEKTRONIK EMERALD TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

Sri Anawati, NIM. 1420011013 (2016) PENGARUH PEMANFAATAN JURNAL ELEKTRONIK EMERALD TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMANFAATAN JURNAL ELEKTRONIK EMERALD TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA)
1420011013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMANFAATAN JURNAL ELEKTRONIK EMERALD TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA)
1420011013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pemanfaatan Jurnal Elektronik Emerald terhadap Kepuasan Pemustaka di Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Universitas Sebelas Maret. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuisioner (angket). Populasi yang diambil adalah pemustaka yang memanfaatkan jurnal elektronik Emerald di Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan rumus presentasi untuk mengetahui distribusi relatif masing-masing subvariabel dan menggunakan regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas (pemanfaatan jurnal elektronik Emerald) dengan variabel terikat (kepuasan pemustaka). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pemanfaatan jurnal elektronik Emerald diperoleh skor sebesar 68,64%, sedangkan variabel kepuasan pemustaka diperoleh skor sebesar 73,80%. Adapun pengaruh antara variabel pemanfaatan jurnal elektronik Emerald terhadap kepuasan pemustaka di Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta mempunyai pengaruh tingkat hubungan yang kuat dengan nilai 0,557. Nilai tersebut menunjukkan bahwa pengaruh pemanfaatan jurnal elektronik Emerald terhadap kepuasan pemustaka di Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Universitas Sebelas Maret yang signifikan dan hipoteis tersebut dapat diterima. Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan jurnal elektronik Emerald memberikan kontribusi pengaruh terhadap kepuasan pemustaka di Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta sebesar 71,6%, sedangkan 28,4% dipengaruhi variabel yang lain di luar variabel yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan ada saran yang dapat diajukan, yaitu Unit Pelaksan Teknis Perpustakaan Universitas Sebelas Maret perlu melakukan promosi jurnal elektronik Emerald, sosialisasi, pelatihan dan penelusuran informasi dalam pemanfaatan jurnal elektronik Emerald, meminta kepada pihak vendor penyedia database memberikan layanan bimbingan penggunaan yang lebih intensif kepada pemustaka atau dengan metode bimbingan atau pelatihan penggunaan secara terpadu kepada pustakawan, diharapkan pustakawan dapat memberikan bimbngan atau pelatihan penggunaan secara terpadu kepada pemustaka secara intensif juga kepada pemustaka. Kata Kunci: Pengaruh, Pemanfaatan Jurnal, Jurnal Elektronik, Kepuasan Pemustaka

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Tafrikhuddin, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Pemanfaatan Jurnal, Jurnal Elektronik, Kepuasan Pemustaka
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdiscilinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Feb 2017 07:23
Last Modified: 07 Feb 2017 07:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23910

Actions (login required)

View Item View Item