PENGEMBANGAN LKM BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPA MI 1

Rokhimawan, Mohamad Agung (2016) PENGEMBANGAN LKM BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPA MI 1. AL BIDAYAH, Vol. 8 (No. 1). pp. 1-12. ISSN 2085-0034

[img]
Preview
Image (01. Mohamad Agung Rokhimawan - PENGEMBANGAN LKM BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPA MI 1)
cover VOL 08 N0 01_Page_1.jpg - Cover Image

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Image (01. Mohamad Agung Rokhimawan - PENGEMBANGAN LKM BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPA MI 1)
cover VOL 08 N0 01_Page_2.jpg - Cover Image

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text (01. Mohamad Agung Rokhimawan - PENGEMBANGAN LKM BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPA MI 1)
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (01. Mohamad Agung Rokhimawan - PENGEMBANGAN LKM BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPA MI 1)
01. Mohamad Agung Rokhimawan - PENGEMBANGAN LKM BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPA MI 1.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

As the demand of high education curriculum change which requires in each competence given to students of university should be accompanied with certain skill mastery. Natural Science learning on candidates of MI/Primary School students is learnt to make them masering concepts and are able to integrate between the concept and practice and the implementation in technology or problem solving in problems of daily life adopted in this research are: (1) How is the characteristic of LKM development of Natural Science Learning MI 1 which is based on the science process skill for PGMI students. (2) How is LKM of Natural Science MI 1 Learning which is based on science process skill based on users’ assessment. (3) How do PGMI students respond the development of LKM of Natural Science MI 1 which is based on science process skill. This is Research and Development or R&D. The procedure of research adopts the development of four D model consisting of 4 stages of development, namely Define, Design, Development, and Dissemination. According to the result of research, the LKM development is relevant with product design in which the result of product validation by validator and response result or students’ respon seen from aspects of the relevancy between content appropriateness and material, readibility, and LKM construction have a very high category. Meanwhile, the result of students’ response towards LKM product which is developed seen from LKM readibility and attractiveness have very high category. LKM of development result is feasible for MI Natural Science learning in university. Keywords: Natural Science Learning, LKM, Science Process Skill *** Sesuai dengan tuntutan perubahan kurikulum pendidikan tinggi yang mensyaratkan dalam setiap kompetensi yang diberikan mahasiswa harus disandingkan dengan sebuah penguasaan keterampilan tertentu.Pembelajaran IPA pada mahasiswa calon mahasiswa MI/SD bertujuan agar mahasiswa mampu menguasi konsep-konsep dan mampu mengintegrasikan antara konsep dan praktik serta penerapanya dalam bentuk teknologi maupun dalam pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana karakteristik pengembangan LKM Pembelajan IPA MI 1 berbasis keterampilan proses sains untuk Mahasiswa PGMI. (2) Bagaimana LKM Pembelajan IPA MI 1 berbasis keterampilan proses sains berdasarkan penilaian pengguna. (3) Bagaimana respon mahasiswa PGMI dengan dikembangkannya LKM Pembelajan IPA MI 1 berbasis keterampilan proses sains. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian danpengembangan (Research and Development) atau R&D.Prosedur dalam penelitian ini mengadaptasi pada pengembanganperangkat model 4-D (four D model) yang terdiri dari 4 tahappengembangan, yaitu Define, Design, Development, and Dissemination. Hasil penelitian pengembangan LKM pada mata kuliah Pembelajaran IPA MI 1 berbasis keterampilan proses sains. yang dikembangkan sesuai dengan rancangan produk dimana hasil validasi produk oleh validator dan hasil respon atau tanggapan mahasiswa dilihat dari aspek kesesuaian isi dengan materi, keterbacaan, serta konstruksi LKM mempunyai kategori sangat tinggi, sedangkan hasil responmahasiswa terhadap produk LKM yang dikembangkan dilihat dari aspek keterbacaan dan kemenarikan LKM mempunyai kategori sangat tinggi. LKM hasil pengembangan ini layak digunakan untuk pembelajaran IPA MI diperguruan tinggi. Kata kunci: Pembelajan IPA, LKM, Keterampilan Proses Sains

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajan IPA, LKM, Keterampilan Proses Sains, Natural Science Learning, LKM, Science Process Skill
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Sains
Divisions: Jurnal > 3. Al Bidayah
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 May 2017 07:09
Last Modified: 04 May 2017 07:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25306

Actions (login required)

View Item View Item