PENGARUH KONSENTRASI DAN USAHA SISWA DALAM MENGATASI KESULITAN MEMPELAJARI KIMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER 2 SMA N I SRANDAKAN TAHUN AJARAN 2007/2008

Uswatun Nisa NIM: 03440390, (2009) PENGARUH KONSENTRASI DAN USAHA SISWA DALAM MENGATASI KESULITAN MEMPELAJARI KIMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER 2 SMA N I SRANDAKAN TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KONSENTRASI DAN USAHA SISWA DALAM MENGATASI KESULITAN MEMPELAJARI KIMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER 2 SMA N I SRANDAKAN TAHUN AJARAN 2007/2008)
BAB I, V, DAFTAR PUSTA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KONSENTRASI DAN USAHA SISWA DALAM MENGATASI KESULITAN MEMPELAJARI KIMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER 2 SMA N I SRANDAKAN TAHUN AJARAN 2007/2008)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsentrasi dan usaha siswa dalam mengatasi kesulitan mempelajari kimia dengan prestasi belajar kimia siswa baik sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester 2 SMA N I Srandakan sebanyak 102 siswa, sampel dalam penelitian ini diambil secara acak sebanyak 2 kelas dari 3 kelas yang ada dengan jumlah 70 siswa. Sebagai kelas uji coba validasi dan reliabilitas instrumen adalah kelas X-3 dengan jumlah 32 siswa. Instrumen dalam penelitian ini yaitu angket konsentrasi, angket usaha siswa dalam mengatasi kesulitan mempelajari kimia dan soal prestasi belajar kimia siswa yang ketiganya divalidasi empiris dengan hasil reliabilitas angket konsentrasi sebesar 0,865, reliabilitas angket usaha siswa dalam mengatasi kesulitan mempelajari kimia sebesar 0,889, dan reliabilitas soal prestasi belajar kimia sebesar 0,913. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi dua prediktor. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 0,909988 X1 + 1,107553 X2 + 2,813548 dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,886 dan koefisien korelasi determinasi inasi sebesar 0,785. Koefisien korelasi parsial y1−2 r sebesar 0,683 dan y2−1 r sebesar 0,564, dengan rtabel = 0,235. Sumbangan efektif dan relatif konsentrasi (X1) dan usaha siswa dalam mengatasi kesulitan mempelajari kimia (X2) terhadap prestasi belajar kimia berturut-turut 10,009 dan 12,745; 68,521 dan 87,225. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan bermakna antara konsentrasi dan usaha siswa dalam mengatasi kesulitan mempelajari kimia dengan prestasi belajar kimia siswa baik sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Das Sarilawati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: konsentrasi, usaha siswa dalam mengatasi kesulitan mempelajari kimia, prestasi belajar kimia
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2012 14:23
Last Modified: 18 Feb 2016 04:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2560

Actions (login required)

View Item View Item