ANALISIS PELAKSANAAN PENDEKATAN TEMATIK DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SDN AMBARRUKMO DAN MI WAHID HASYIM YOGYAKARTA

SYAHRUL MUNIR, NIM.01460864 (2006) ANALISIS PELAKSANAAN PENDEKATAN TEMATIK DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SDN AMBARRUKMO DAN MI WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Other thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PELAKSANAAN PENDEKATAN TEMATIK DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SDN AMBARRUKMO DAN MI WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PELAKSANAAN PENDEKATAN TEMATIK DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SDN AMBARRUKMO DAN MI WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui konsep, pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat, serta hasil yang dicapai pelaksanaan pendekatan tematik dalam pembelajaran Sains di SDN Ambarrukmo dan MI Wahid Hasyim Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat memberikan sumbangan saran dan pemikiran dalam proses pelaksanaan pendekatan tematik dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran Sains (fisika). Penelitian dilaksanakan di SDN Ambarrukmo dan MI Wahid Hasyim pada kelas I dan II tahun ajaran 2005/ 2006 dengan mengambil populasi sebanyak 80 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif, yaitu suatu analisa deskriptif data non statistik dan hasilnya digambarkan dengan kata-kata menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan . Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif (qualitatif'research). Hasil penelitian ini 111enunjukkan beberapa hal, yaitu: 1) Konsep pendekatan tematik dalam pembelajaran Sains di SDN Ambarukmo dan MI Wahid Hasyim berasal dari dinas pendidikan nasional, 2) Pelaksanaan pendekatan tematik dalam pembelajaran Sains di SDN Ambarrukmo dan MI Wahid Hasyim terfokus dalam satu tema untuk semua mata pelajaran yang telah dikonsep, penggunaan metode disesuaikan dengan kondisi kelas dan materi, serta pengembangan pembelajaran diserahkan sepenuhnya kepada guru pelaksana. Peneliti menyimpulkan bahwa pelaksanaan pendekatan tematik di sekolah tersebut kurang maksimal, 3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendekatan tematik dalam pembelajaran Sains di SDN Ambarrukmo dan MI Wahid Hasyim berasal dari pihak sekolah, guru, anak didik, lingkungan, serta alat peraga, 4) Hasil yang dicapai pelaksanaan pendekatan tematik dalam pembelajaran Sains di SDN Ambarrukmo dan Ml Wahid Hasyim relatif sama, meskipun masih terdapat sebagian siswa yang belum mencapai target sesuai standar nilai kelulusan kenaikan sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Agus Mulyanto, M.Kom NIP.150293687
Uncontrolled Keywords: Pendekatan temati pembelajaran Sains, dan perbandingan
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 05 Jul 2017 11:00
Last Modified: 05 Jul 2017 11:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25853

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum