PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY UNTUK KESEJAHTERAAN KARYAWAN (STUDI DI PT.MADUBARU MADUKISMO KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA)

DWI DITA ERVIANA, NIM. 13250005 (2017) PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY UNTUK KESEJAHTERAAN KARYAWAN (STUDI DI PT.MADUBARU MADUKISMO KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY UNTUK KESEJAHTERAAN KARYAWAN (STUDI DI PT.MADUBARU MADUKISMO KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA))
13250005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY UNTUK KESEJAHTERAAN KARYAWAN (STUDI DI PT.MADUBARU MADUKISMO KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA))
13250005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial adalah suatu komitmen usaha untuk bertindak secara etis, perusahaan yang baik melakukan sebuah operasi secara legal dan berkontribusi untuk peningkatan ekonomi bersamaan dengan peningkatan kualitas hidup dari karyawan dan keluarganya, komunitas lokal dan komunitas secara lebih luas. Program CSR yang dilakukan oleh perusahaan bisa bersifat pemberdayaan dengan masyarakat (eksternal) maupun dengan memberikan program karyawan dan keluarganya (internal), namun pembahasan CSR kali ini membahas mengenai program perusahaan yang diberikan kepada karyawan dan keluarganya karena melihat fenomena saat ini beberapa perusahaan di Yogyakarta belum memberikan jaminan kesehatan bagi karyawanya. Sedangkan program kesejahteraan untuk karyawan dan keluarga tidak cukup jika hanya pemberian jaminan kesehatan. Jika beberapa perusahaan saja tidak memberikan jaminan kesehatan maka dari segi psikis, emosional dan pendidikan kesejateraan karyawan dan keluarganya menjadi tidak terpenuhi. Jenis CSR yang telah dilakukan salah satunya yaitu Praktik Bisnis yang Memiliki Tanggung Jawab Sosial (Socially Responsible Business Practice), yang bertujuan untuk memberikan kesejahteraan komunitas dan dapat memelihara lingkungan hidup. Komunitas didalam jenis ini mencakup para karyawan perusahaan, pemasok, distributor, organisasi-organisasi nirlaba yang menjadi mitra perusahaan serta masyarakat secara umum. Jenis penelitian yang dilakukan yatu penelitian kualitatif dengan berdasarkan data primer yaitu data yang diambil langsung dari lapangan. Untuk mencari sebuah data peneliti menggunakan karyawan sebagai informan yang mengerti mengenai masalah kesejahteraan para tenaga kerjanya sebagai pencarian data. Metode untuk penelitian ini dilakukan untuk mencari data seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ini dengan judul Program Corporate Social Responsibility Untuk Kesejahteraan Karyawan (Studi PT.Madubaru Madukismo Kabupaten Bantul), peneliti mendapatkan sebuah pembelajaran dan manfaat mengenai program perusahaan yang diberikan untuk karyawan yang dapat memenuhi kebutuhan karyawan sehingga dapat memberikan kesejahteraan karyawan. Kegiatan socially responsible business practice di PT.Madubaru dapat menunjang kebutuhan kayawan dan keluarga. Ada 2 jenis program, pertama program jaminan yang terdiri dari jaminan ketsehatan dan jaminan sosial, program kedua yaitu program penunjang meliputi program beasiswa, perumahan, simpan pinjam, family day dan IIKK. Program yang diberikan oleh PT.Madubaru sasarannya untuk karyawan dan keluarganya yang bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan fisik, rasa aman, sosial, pengakuan, dan aktualisasi diri. Kegiatan socially responsible business practice memberikan manfaat bagi kedua belah pihak yaitu perusahaan dan karyawan manfaat yang didapatkan adanya kontribusi dari karyawati untuk istri karyawan dan pengembangan fasilitas umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Muhammad Izzul Haq, S.Sos, M.Sc. NIP 19810823 200901 1 007
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan Karyawan, Program Corporate Social Responsibility (CSR)
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Jul 2017 07:13
Last Modified: 17 Jul 2017 07:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26583

Actions (login required)

View Item View Item