EFEKTIVITAS METODE ODOJ (ONE DAY ONE JUZ) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI SISWA KELAS X MAN 2 KEBUMEN

NOFI RETNOSARI, NIM. 13410070 (2017) EFEKTIVITAS METODE ODOJ (ONE DAY ONE JUZ) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI SISWA KELAS X MAN 2 KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE ODOJ (ONE DAY ONE JUZ) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI SISWA KELAS X MAN 2 KEBUMEN)
13410070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (25MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE ODOJ (ONE DAY ONE JUZ) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI SISWA KELAS X MAN 2 KEBUMEN)
13410070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa saat ini banyak siswa yang belum lancar membaca Al-Qur’an atau belum bisa mengaji. Banyak orang tua membiarkan anak-anaknya bermain dan lupa tanggung jawabnya untuk membaca Al-Qur’an. Kepedulian orang tua untuk membantu anak mengatur kegiatan anak sangat kurang. Pemilihan metode yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisi siswa untuk pembiasaan membaca Al-Qur’an secara kontinu dan konsisten perlu diperhatikan. Mencoba mengatasi masalah tersebut, MAN 2 Kebumen mengembangkan metode ODOJ (One Day One Juz) untuk pembiasaan membaca Al-Qur’an. Program yang diselenggarakan oleh MAN 2 Kebumen tersebut tidak banyak dilakukan oleh lembaga pendidikan lain. Biasanya sekolah lain hanya memasukkan program BTA (Baca Tulis Al-Qur’an). Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan metode ODOJ, sejauhmana efektivitas metode ODOJ dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an bagi siswa kelas X MAN 2 Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MAN 2 Kebumen. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna atau penafsiran terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan Metode ODOJ (One Day One Juz) dilakukan secara mandiri oleh siswa dengan dipantau wali kelas masingmasing serta metode bimbingan mengaji dan BTA bagi kelas Agama sebagai bentuk variasi dari metode ODOJ (One Day One Juz). Hasil laporan pemantauan wali kelas dan rapat dinas adalah bentuk evaluasi yang digunakan dalam melaksanakan metode ODOJ (One Day One Juz) (2) Efektivitas Metode ODOJ (One Day One Juz) di MAN 2 Kebumen sudah baik yakni tujuan, proses pelaksanaan dan evaluasi telah berjalan walaupun dalam proses evaluasi belum maksimal . Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti Metode ODOJ (One Day One Juz) yang dilaksanakan di MAN 2 Kebumen sudah baik dan cukup efektif ditunjukkan dari efektivitas segi proses dan hasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Mahmud Arif., M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode ODOJ (One Day One Juz), Kemampuan Membaca Al-Qur’an.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2017 14:53
Last Modified: 31 Jul 2017 14:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26917

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum