OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SD NEGERI GAJAH I DEMAK JAWA TENGAH

NOVIA MAISUN NI’MATIN, NIM. 13490016 (2017) OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SD NEGERI GAJAH I DEMAK JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SD NEGERI GAJAH I DEMAK JAWA TENGAH)
13490016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SD NEGERI GAJAH I DEMAK JAWA TENGAH)
13490016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah sarana dan prasarana yang menjadi salah satu unsur sangat penting dalam mendukung proses pembelajaran, maka perlu adanya pemberdayaan dan pengelolaan supaya tujuan pendidikan dapat tercapai. Tetapi kenyataannya, sarana dan prasarana pendidikan di sekolah tidak dikelola dengan pengetahuan yang cukup sehingga sering terjadi tidak tepat sasaran dalam pengelolaan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang manajemen atau pengelolaan sarana dan prasarana, serta untuk mengetahui upaya optimalisasi manajemen sarana dan prasarana yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di SD Negeri Gajah I Demak Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil objek penelitian SD Negeri Gajah I Demak Jawa Tengah terkait optimalisasi manajemen sarana dan prasarana untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Dengan adanya optimalisasi serta terpenuhinya semua kebutuhan yang digunakan dalam proses pembelajaran maka mutu pembelajaran akan meningkat. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari data tersebut dinarasikan dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan proses pengelolaan sarana dan prasarana, upaya apa saja yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran. 1) Manajemen sarana dan prasarana SD Negeri Gajah I Demak Jawa Tengah sesuai dengan fungsi manajemen sarana dan prasarana dari perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemeliharaan, inventarisasi, dan penghapusan. 2) Upaya optimalisasi manajemen sarana dan prasarana untuk meningkatkan mutu pembelajaran, SD Negeri Gajah I Demak Jawa Tengah melakukan beberapa cara yaitu: melengkapi sarana dan prasarana, bekerjasama dengan guru, monitoring dan evaluasi pembelajaran, dan membuat alat peraga sendiri. 3) Mutu pembelajaran SD Negeri Gajah I Demak Jawa Tengah meningkat dengan adanya beberapa upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan manajemen sarana dan prasarana hal tersebut dapat dilihat dari pencapaian delapan Standar Nasional Pendidikan dan perubahan perilaku siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Nur Rohmah, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen sarana dan prasarana, Mutu, dan Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 27 Jul 2017 07:51
Last Modified: 31 Jul 2017 07:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26957

Actions (login required)

View Item View Item