KONFORMITAS SEBAGAI MEDIATOR HUBUNGAN ANTARA IDENTITAS SOSIAL DENGAN PERILAKU MENGEMUDI AGRESIF PADA KOMUNITAS MOTOR DI KOTA YOGYAKARTA

M TAUFIK OTTO ISKANDAR, NIM. 11710030 (2017) KONFORMITAS SEBAGAI MEDIATOR HUBUNGAN ANTARA IDENTITAS SOSIAL DENGAN PERILAKU MENGEMUDI AGRESIF PADA KOMUNITAS MOTOR DI KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONFORMITAS SEBAGAI MEDIATOR HUBUNGAN ANTARA IDENTITAS SOSIAL DENGAN PERILAKU MENGEMUDI AGRESIF PADA KOMUNITAS MOTOR DI KOTA YOGYAKARTA)
11710030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (KONFORMITAS SEBAGAI MEDIATOR HUBUNGAN ANTARA IDENTITAS SOSIAL DENGAN PERILAKU MENGEMUDI AGRESIF PADA KOMUNITAS MOTOR DI KOTA YOGYAKARTA)
11710030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara identitas sosial dengan perilaku mengemudi agresif yang dimediasi oleh konformitas. Subjek penelitian ini adalah anggota komunitas motor di kota Yogyakarta yang berjumlah 105 anggota. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala perilaku mengemudi agresif, skala konformitas dan skala identitas sosial. Metode analisis data menggunakan teknik analisis jalur yang dikembangkan dari teknik analisis regresi. Hasil analisis jalur menunjukkan efek tidak langsung yang tidak signifikan (p2 0,267 x p3 0,062 = 0,016) dan efek langsung sebesar -0,239. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis tidak diterima, yaitu tidak terdapat hubungan positif antara identitas sosial dengan perilaku mengemudi agresif melalui konformitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sara Palila M.A.,Psi.,
Uncontrolled Keywords: Perilaku mengemudi agresif, konformitas, identitas sosial.
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 Sep 2017 07:54
Last Modified: 13 Sep 2017 07:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27351

Actions (login required)

View Item View Item