IMPLEMENTASI GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI DAERAH KONFLIK UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH SONGSERM ISLAM SOKSHA PATTANI, THAILAND SELATAN

Miss Komareeyah Sulong, NIM: 1520410074 (2017) IMPLEMENTASI GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI DAERAH KONFLIK UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH SONGSERM ISLAM SOKSHA PATTANI, THAILAND SELATAN. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI DAERAH KONFLIK UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH SONGSERM ISLAM SOKSHA PATTANI, THAILAND SELATAN)
1520410074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI DAERAH KONFLIK UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH SONGSERM ISLAM SOKSHA PATTANI, THAILAND SELATAN)
1520410074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

KOMAREEYAH SULONG. Implementasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah di Daerah Konflik untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Songserm Islam Seksha Pattani Thailand. Tesis. Yogyakarta: Jurusan Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan gaya kepemimpinan kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Songserm Islam Seksa Pattani Thailand, didalamnya mencakup deskripsi gaya kepemimpinan kepala sekolah, upaya yang dilakukan kepala sekolah serta faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Songserm Islam Seksha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan berdasarkan tujuannya termasuk penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi,melakukan penyajian data, dan penarikan kesimpulan menggunakan pola berfikir induktif dengan menarik kesimpulan yang bersifat umum dari fakta – fakta khusus yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan menggubakan teori pedekatan kepemimpinan situasional.(2) Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan dengan meningkatkan profesionalisme guru dalam proses pembelajaran dengan mengadakan pelatihan – pelatihan, supervise dan evaluasi, memaksimalkan sarana prasarana untuk menunjang proses pembelajaran dan menjalin kerjasama dengan masyarakat. (3) Faktor pendukung kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah adanya kepemimpinan kepala sekolah yang mampu menciptakan iklim kerjasama yang baik antar personel dalam pengelolaan bersama. Terjalinnya koordinasi dan kerjasama yang baik antar bidang pengelolaan serta kesadaran yang tinggi akan pentingnya peningkatan mutu pendidikan sekolah sehingga semua pihak bersatu dan bersama – sama untuk terus meningkatkan kemajuan sekolah. Adanya partisipasi guru dalam ikut serta bersama – sama meningkatkan kualitas diri maupun kinerja dalam lembaga, dukungan dari wali murid serta masyarakat umum yang diupayakan melalui hubungan mutualisme yang terjalin antara sekolah dan masyarakat. Sedangkan faktor penghambat kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah masih adanya guru yang mismatch, rendahnya motivasi belajar siswa, serta terhambatnya akses pendanaan yang disebabkan karena status sekolah yang swasta maupun karena latar belakang mayoritas siswa yang berasal dari kalangan menengah kebawah yang sehingga berdampak juga terhadap kurang seimbangnya gedung sekolah dengan siswa yang ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Na‘imah, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan, Mutu Pendidikan
Subjects: Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Nov 2017 10:02
Last Modified: 15 Nov 2017 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27414

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum