STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN INOVASI GURU DI SD N 1 DAN 3 SELANG KEBUMEN

SITI ANISATUN NAFI’AH, NIM. 1520420022 (2017) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN INOVASI GURU DI SD N 1 DAN 3 SELANG KEBUMEN. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN INOVASI GURU DI SD N 1 DAN 3 SELANG KEBUMEN)
1520420022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN INOVASI GURU DI SD N 1 DAN 3 SELANG KEBUMEN)
1520420022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan bahwa mata pelajaran IPS merupakan materi yang sulit untuk diajarkan oleh guru. Guru sering menemui kendala dalam proses pembelajaran di kelas. Beberapa kendala yang dihadapi oleh guru adalah model, media, dan materi pembelajaran. maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul. Tesis ini bertujuan mengetahui: (1) Menganalisis pengaruh model pembelajaran kontekstual model terhadap hasil belajar peserta didik kelas III di SD N 1 dan 3 Selang. (2) Menganalisis pengaruh model pembelajaran kontekstual melalui inovasi guru terhadap hasil belajar peserta didik kelas III di SD N 1 dan 3 Selang. (3) Menganalisis perbedaan signifikansi hasil belajar peserta didik antara model pembelajaran kontekstual dan inovasi guru di SD N 1 dan 3 Selang. Penelitian ini dilakukan di SD N 1 dan 3 Selang dengan menggunakan metode penelitian kombinasi jenis sequential explaratory. Pada tahap pertama menggunakan kualitatif, sehingga ditemukan hipotesis, selanjutnya hipotesis tersebut diuji dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, angket, observasi, tes, lembar pengamatan, tugas unjuk kerja dan proyek. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Langkah pertama peneliti melakukan analisis data kualitatif, sehingga menghasilkan temuan hipotesis. Berdasarkan hasil hipotesis penulis selanjutnya melakukan eksperimen. Hasil eksperimen kemudian dianalisis dengan menggunakan alat bantu program SPSS 20,00 untuk ranah kognitif. Ranah afektif dan psikomotorik dengan menggunakan penghitungan yang sederhana yaitu

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Maemonah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kontekstual, Inovasi Guru, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Oct 2017 06:16
Last Modified: 25 Oct 2017 06:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27728

Actions (login required)

View Item View Item