AL DHUKA AL 'ATAFI SHAKHS AL RAISIY FI QASIDAH AL BURDAH LI BUSIRIY (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LI DANIEL GOLEMAN)

AFIFAH IKRAM MUFIDAH, NIM. 13110072 (2017) AL DHUKA AL 'ATAFI SHAKHS AL RAISIY FI QASIDAH AL BURDAH LI BUSIRIY (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LI DANIEL GOLEMAN). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (AL DHUKA AL 'ATAFI SHAKHS AL RAISIY FI QASIDAH AL BURDAH LI BUSIRIY (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LI DANIEL GOLEMAN))
13110072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (AL DHUKA AL 'ATAFI SHAKHS AL RAISIY FI QASIDAH AL BURDAH LI BUSIRIY (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LI DANIEL GOLEMAN))
13110072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Adz|aka’u al-‘atifi asy-Syahsu ar-Ra’is fi Qosidati Burdah liBushiri (dirasah tahliliyah nafsiyah li Daniel Goleman) ” . Skripsi ini mengkaji unsurunsur kecerdasan emosi menurut teori Daniel Goleman, peneliti tertarik mengkaji qosidah ini karena mengandung sejarah kehidupan dan kepribadian Nabi Muhammad SAW yang mendorong peneliti untuk mengungkap kecerdasan emosi darinya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitis berpegang pada teori Psikologi Daniel Goleman. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik library research ( kajian kepustakaan), diawali dengan pengumpulan data-data struktural cerpen dengan teori Roman Ingarden meliputi lapis objek, lapis dunia dan lapis metafisik. Selanjutnya peneliti mengklasifikasi unsur-unsur kecerdasan emosi dalam qosidah burdah ini menurut teori psikologi Daniel Goleman yaitu kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati dan keterampilan social, teori ini mampu melihat potret seseorang dengan mengukur tingkat kecerdasan emosional orang tersebut Penelitian ini membuktikan kesempurnaan rasul dari segi kecerdasan emosinya, telah kita ketahui rasul adalah makhluk yang sempurna, dan pada penelitian ini dibuktikan dari bait-bait qosidah burdah karya al Bushiri, unsur kesadaran diri pada rasul yaitu kesadaran pada rasa percaya diri yang dimilikinya, penilaian secara teliti pada sifat zuhudnya, unsur pengaturan diri dalam pengendalian saat dia sedang lapar, pengaturan diri dalam adaptabilitas dan berhati-hati, dapat dipercaya, unsur motivasi rasul memiliki dorongan untuk maju, sifat optimis, tegas, dan komitmen. Unsur empati terhadap umatnya, mengembangkan orang lain, memenuhi kebutuhan umatnya saat meminta bantuan, unsur keterampilan social yakni rasul menjadi pemimpin saat isra mi’raj, pandai melakukan persuasi, memiliki kemampuan tim pada saat melakukan perang melawan kaum kafir. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas kecerdasan rasul, memenuhi konsep kerangka kerja kecerdasan emosi menurut Daniel goleman, rasul memiliki lima unsur kecerdasan emosi yakni kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, motivasi dan keterampilan social. Kata kunci: kecerdasan emosi, qasidah burdah, Daniel goleman, al-Bushiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Dr. Bermawy Munthe, MA
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosi, qasidah burdah, Daniel goleman, al-Bushiri.
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Feb 2018 07:22
Last Modified: 22 Feb 2018 07:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28327

Actions (login required)

View Item View Item