IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MODEL DAUR BELAJAR UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALIS SISWA KELAS V DI SD SALAM BANTUL YOGYAKARTA

LAILI DWI FITRIANA, NIM. 13480052 (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MODEL DAUR BELAJAR UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALIS SISWA KELAS V DI SD SALAM BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MODEL DAUR BELAJAR UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALIS SISWA KELAS V DI SD SALAM BANTUL YOGYAKARTA)
13480052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MODEL DAUR BELAJAR UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALIS SISWA KELAS V DI SD SALAM BANTUL YOGYAKARTA)
13480052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

LAILI DWI FITRIANA, Implementasi Pembelajaran Model Daur Belajar untuk Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Siswa Kelas V di SD SALAM Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2017. Permasalahan lingkungan di Indonesia sangat beragam dan sering terjadi, maka perlu diadakannya penanaman nilai lingkungan, salah satunya dapat diterapkan dalam pendidikan, yaitu dalam proses pembelajaran dalam bentuk model, strategi atau metodenya. Di SD SALAM dalam pembelajarannya menggunakan model daur belajar yang mana di dalamnya terdapat beberapa strategi pembelajaran naturalis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran model daur belajar untuk mengembangkan kecerdasan naturalis. Penelitian ini mengkaji permasalahan sebagai berikut: (1) Bagaimana implementasi pembelajaran model daur belajar untuk mengembangkan kecerdasan naturalis (2) apa faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran model daur belajar untuk mengembangkan kecerdasan naturalis. Jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dan termasuk penelitian lapangan. Subjek penelitian adalah Ketua PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat), fasilitator dan siswa. Objeknya adalah pembelajaran model daur belajar di SD SALAM. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, display data, penarikan kesimpulan. Teknik penilaian keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa: (1) implementasi pembelajaran model daur belajar untuk mengembangkan kecerdasan naturalis ada lima tahapan yaitu lakukan, ungkapkan, analisis, simpulkan dan terapkan yang di dalamnya menggunakan beberapa strategi kecerdasan naturalis di dalamnya yaitu; pembelajaran rutin di luar kelas seminggu sekali, belajar ke rumah siswa satu bulan sekali, field trip dengan beberapa strategi dan metode diantaranya game atau ice breaking sebelum pembelajaran, diskusi kelompok, bertanya, tebak-tebakan, mengumpulkan informasi dengan mengakategorikan. (2) Faktor pendukung dan penghambat, faktor yang mendukung diantaranya adalah lingkungan sekolah yang asri, kegiatan pembelajaran rutin di luar kelas setiap hari Jum’at, terdapat piket membersihkan kelas dan piket menyapu halaman, piket menyiram tanaman, terdapat alat permainan yang digunakan dalam pembelajaran di luar kelas. Faktor yang menghambat yaitu kurangnya kesadaran siswa dalam piket menyiram tanaman dan menyapu halaman, kurangnya sarana transportasi untuk pembelajaran di luar kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Fitri Yuliawati, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, model Daur Belajar, Kecerdasan Naturalis
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 13 Dec 2017 02:25
Last Modified: 13 Dec 2017 02:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28612

Actions (login required)

View Item View Item