ANALISIS POTENSI PARIWISATA SYARIAH DENGAN MENGOPTIMALKAN INDUSTRI KREATIF DI DIY

ROSI WAHYU TRIANA, NIM: 13810119 (2017) ANALISIS POTENSI PARIWISATA SYARIAH DENGAN MENGOPTIMALKAN INDUSTRI KREATIF DI DIY. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS POTENSI PARIWISATA SYARIAH DENGAN MENGOPTIMALKAN INDUSTRI KREATIF DI DIY)
13810119_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS POTENSI PARIWISATA SYARIAH DENGAN MENGOPTIMALKAN INDUSTRI KREATIF DI DIY)
13810119_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Sharia tourism is a new concept of travel in the world today. Indonesia ranks three halal tourism destinations between the Organization of Islamic Cooperation (OIC) countries in 2017. Indonesia's position is ranked one from 2016. The Government of Indonesia seeks through the Ministry of Tourism of the Republic of Indonesia to develop and promote business services in hospitality, restaurant, bureau travel and SPA travel in 12 destinations in Indonesia, with Yogayakrta as one of them. Creative industry is an industry derived from the utilization of creativity, skills and individual talents to create welfare and employment by generating and exploiting the creative power and creativity of the individual. Tourism requires a creative industry in its development. Many emerging new attractions that carry the concept of creativity in it. So the object of this research is Mojo Hill, Kukup Beach, Mangrove Forest, Lost World Casle, and Malioboro Street. This study aims to analyze the potential of syariah tourism by optimizing the creative industry in DIY by using the readiness of the tourism sector and understanding the concept of syariah tourism as its variables. This research is descriptive research using quantitative approach method and also supported by qualitative data. Analytical method used is mixed method which is a combination of multiple linear regression and SWOT analysis. Quantitative data is processed using SPSS program and supporting data such as interviews and statistical data obtained from the Yogyakarta Tourism Office. The result of F statistic test shows that the variable indicator of the understanding of tourists about the concept of syariah tourism is the understanding of sharia hotels, the understanding of restaurants and halal food, the understanding of Islamic SPA, the understanding of travel agency, and the understanding of the creative industry together significantly influence to the understanding of tourists about the concept of syariah tourism. According to the results of the tourism sector readiness interviews in welcoming the concept of syariah tourism is quite good but still needs improvement. Keywords: Tourist Understanding, Readiness Tourism Sector, Creative Industry [INDONESIA] Pariwisata syariah adalah sebuah konsep berwisata baru di dunia saat ini. Indonesia menempati peringkat tiga destinasi wisata halal antara negara-negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) tahun 2017. Posisi Indonesia naik satu peringkat dari tahun 2016. Pemerinntah Indonesia berupaya melalui Kemenparekraf Republik Indonesia untuk mengembangkan dan mempromosikan usaha jasa di bidang perhotelan, restoran, biro perjalanan wisata dan SPA di 12 destinasi di Indonesia, dengan Yogayakrta sebagai salah satunya. Industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi serta daya cipta individu tersebut. Pariwisata memerlukan industri yang kreatif dalam pengembangannya. Banyak bermunculan obyek wisata baru yang mengusung konsep kreativitas di dalamnya. Maka obyek penelitia ini adalah Bukit Mojo, Pantai Kukup, Hutan Mangrove, Lost World Casle, dan Jalan Malioboro. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi pariwisata syariah dengan mengoptimalkan industri kreatif di DIY denagn menggunakan kesiapan sektor pariwisata dan pemahaman konsep pariwisata syariah sebagai variabelnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan didukung pula dengan data kualitatif. Metode analisis yang digunakan yaitu mixed method yang merupakan gabungan dari regresi linier berganda dan analisis SWOT. Data kuantitatif diolah menggunakan program SPSS dan data-data pendukung seperti wawancara dan data statistik diperoleh dari Dinas Pariwisata Yogyakarta. Hasil uji statistik F menunjukkan bahwa indikator variabel pemahaman wisatawan tentang konsep pariwisata syariah yaitu pemahaman tentang hotel syariah, pemahaman tentang restoran dan makanan halal, pemahaman tentang SPA syariah, pemahaman tentang biro perjalanan wisata, dan pemahaman tentang industri kreatif secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman wisatawan tentang konsep pariwisata syariah.menurut hasil wawancara kesiapan sektor pariwisata dalam menyambut konsep pariwisata syariah sudah cukup baik namun masih perlu perbaikan. Kata Kunci: Pemahaman Wisatawan, Kesiapan Sektor Pariwisata, Industri Kreatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.Hj. CASMINI, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Wisatawan, Kesiapan Sektor Pariwisata, Industri Kreatif
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Feb 2018 11:02
Last Modified: 06 Feb 2018 11:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28853

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum