ANALISIS PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN (STUDI PADA KARAKTERISTIK DEWAN DIREKSI BANK SYARIAH PERIODE 2012-2016)

ADE KURNIAWAN LUBIS, SHI, NIM. 1520311021 (2017) ANALISIS PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN (STUDI PADA KARAKTERISTIK DEWAN DIREKSI BANK SYARIAH PERIODE 2012-2016). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN (STUDI PADA KARAKTERISTIK DEWAN DIREKSI BANK SYARIAH PERIODE 2012-2016))
1520311021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN (STUDI PADA KARAKTERISTIK DEWAN DIREKSI BANK SYARIAH PERIODE 2012-2016))
1520311021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai latar belakang dengan bertambah pesatnya pertumbuhan perbankan syari’ah, maka kebutuhan akan tata kelola perusahaan (corporate governance) yang efektif sangat dibutuhkan, guna memperkuat posisi, memperluas jaringan, dan menunjukkan kinerjanya dengan lebih efektif. Akan tetapi manajemen dan tata kelola perbankan yang kurang baik masih dimiliki oleh bank syariah pada saat ini, yang berdampak pada kinerja keuangan bank syariah yang disebabkan oleh kelalaian dari pengelola. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh struktur corporate governance terhadap kinerja keuangan bank syariah di Indonesia. Kinerja keuangan dihitung dengan menggunakan ROA dan ROE, sedangkan struktur corporate governance ditentukan oleh variable jumlah dewan direksi dan frekuensi rapat direksi. Teori yang digunakan adalah teori agency dan corporate governance, dan juga merujuk pada karakteristik dewan direksi yang berkaitan dengan jumlah dewan direksi dan pelaksanaan rapat direksi. Data dikumpulkan menggunakan teknik metode purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalah bank umum syariah yang mempublikasikan laporan tahunan (annual report) dan laporan good corporate governance (GCG) selama periode 2012-2016. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda, dengan menggunakan uji F, uji-t dan koefisien determinasi (R2) melalui fasilitas IBM statistik SPSS 20. Data yang digunakan adalah data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah dewan direksi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja keuangan bank syariah, akan tetapi frekuensi rapat direksi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan bank syariah. Kontribusi penelitian ini adalah diharapkan perbankan syariah dapat menentukan jumlah direksi yang ideal bagi tiap perbankan dengan menyesuaikan kegiatan operasional bank dan dengan mempertimbangkan keefektifan kinerja direksi berdasarkan jumlah direksi yang dibutuhkan. Dan berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dewan direksi untuk menciptakan kegiatan rapat rutinan bermanfaat bagi terciptanya kebijakan dan keputusan yang dapat mempengaruhi keuangan bank secara signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ibnu Qizam, M.Si
Uncontrolled Keywords: CG, Jumlah dewan direksi, Rapat dewan direksi.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Mar 2018 09:07
Last Modified: 22 Mar 2018 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29696

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum