PENGARUH KEMANDIRIAN SANTRI, LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (STUDI PADA SANTRI PONDOK PESANTREN TERPADU AL-MUMTAZ PATUK GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

MUHAMMAD ADIB Z, NIM. 13810009 (2018) PENGARUH KEMANDIRIAN SANTRI, LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (STUDI PADA SANTRI PONDOK PESANTREN TERPADU AL-MUMTAZ PATUK GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEMANDIRIAN SANTRI, LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (STUDI PADA SANTRI PONDOK PESANTREN TERPADU AL-MUMTAZ PATUK GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
13810009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEMANDIRIAN SANTRI, LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (STUDI PADA SANTRI PONDOK PESANTREN TERPADU AL-MUMTAZ PATUK GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
13810009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Salah satu solusi untuk memecahkan masalah pengangguran yang dihadapi bangsa Indonesia adalah dengan berwirausaha. Sistem pendidikan nasional yang diharapkan menjadi solusi dari persoalan bangsa justru malah menambah banyaknya pengangguran terdidik. Hal ini disebabkan oleh kurangnya minat berwirusaha dikalangan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kemandirian santri, lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha santri pondok pesantren terpadu Al-Mumtaz Patuk Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Secara metodologis, penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif. Data diambil menggunakan kuesioner. Sampel penelitian ini adalah santri pondok pesantren terpadu Al-Mumtaz Patuk Gunungkidul yang berjumlah 137 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Analisis ini digunakan untuk menjelaskan pengaruh atau hubungan antara variabel independen (kemandirian santri, lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan) dan variabel dependen (minat berwirausaha). Berdasarkan Uji-F, penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat memulai berwirausaha pada santri pondok pesantren terpadu Al-Mumtaz Patuk Gunungkidul. Sedangkan berdasarkan Uji-T, hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kemandirian santri terhadap minat berwirausaha dengan thitung (3,026) lebih besar dari ttabel yaitu (1,658) dan nilai signfikansinya lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,003, (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha dengan t hitung (2,286) lebih besar dari t tabel yaitu (1,658) dan nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,024, (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha dengan t hitung 4,346 lebih besar dari t tabel 1,658 dan nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kemandirian Santri, Lingkungan Keluarga, dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Santri Pondok Pesantren Terpadu Al-Mumtaz Patuk, Gunungkidul dengan F hitung 21,005 lebih besar dari F tabel 2,95 dan nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000. Kata kunci: Kemandirian Santri, Lingkungan Keluarga, Pendidikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nurus Sa‟adah, S.Psi.,M.Si.,Psi
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Santri, Lingkungan Keluarga, Pendidikan Kewirausahaan dan Minat Berwirausaha
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Apr 2018 09:33
Last Modified: 27 Apr 2018 09:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29992

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum