PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TYPE FIRING LINE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI POKOK PERANAN MANUSIA DI DALAM EKOSISTEM SISWA KELAS VII A SMP PIRI NGAGLIK SLEMAN TAHUN AJARAN 2007/2008

SHOLIHAH - NIM : 04451076, (2009) PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TYPE FIRING LINE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI POKOK PERANAN MANUSIA DI DALAM EKOSISTEM SISWA KELAS VII A SMP PIRI NGAGLIK SLEMAN TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TYPE FIRING LINE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI POKOK PERANAN MANUSIA DI DALAM EKOSISTEM SISWA KELAS VII A SMP PIRI NGAGLIK SLEMAN TAHUN AJARAN 2007/2008 )
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (562kB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TYPE FIRING LINE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI POKOK PERANAN MANUSIA DI DALAM EKOSISTEM SISWA KELAS VII A SMP PIRI NGAGLIK SLEMAN TAHUN AJARAN 2007/2008 )
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran biologi dengan menggunakan strategi Active Learning tipe Firing Line pada materi pokok peranan manusia di dalam ekosistem siswa kelas VIIA SMP PIRI Ngagik Sleman dan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi Active Learning tipe Firing Line pada tiap siklusnya. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP PIRI Ngaglik Sleman tahun ajaran 2007/2008. Data yang dikumpulkan berupa data angket motivasi siswa dan nilai pre-test dan post-test siklus I dan II. Data motivasi yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan persentase masing-masing aspek dalam motivasi. Data pre-test dan post-test siklus I dan siklus II ditabulasikan dalam bentuk rata-rata kelas. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat diketahui dengan effect size yaitu selisih antara nilai rata-rata post-test siklus II dengan nilai rata-rata post-test siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Active Learning type Firing Line dapat diterapkan pada pembelajaran Biologi materi pokok peranan manusia di dalam ekosistem di SMP PIRI Ngaglik Sleman. Strategi Active Learning tipe Firing Line juga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di SMP PIRI Ngaglik Sleman. Peningkatan motivasi siswa dapat dilihat dari masing-masing aspek motivasi yang meliputi aspek active mengikuti kegiatan dengan senang dan bersemangat naik 8%, berusaha dan bekerja dengan sebaik-baiknya naik 2 %, kecenderungan untuk melaksanakan tugas yang menantang turun 5%, aspek kecenderungan untuk bekerja, menemukan dan menyelesaikan masalah sendiri naik 17 %,, aspek keinginan kuat untuk maju naik 3 % dan aspek yang terakhir selalu berorientasi pada masa depan tetap. Peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan adanya nilai effect size sebesar 0,6

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Suhardi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Firing Line, motivasi , hasil belajar dan SMP PIRI Ngaglik Sleman
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 02 Jan 2013 15:26
Last Modified: 13 Dec 2016 02:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3044

Actions (login required)

View Item View Item