PENGARUH KETERSEDIAAN KOLEKSI FIKSI TERHADAP MINAT KUNJUNG KE PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR NEGERI SARDONOHARJO 1 SLEMAN YOGYAKARTA

Destrina Indaryani, NIM.11140070 (2018) PENGARUH KETERSEDIAAN KOLEKSI FIKSI TERHADAP MINAT KUNJUNG KE PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR NEGERI SARDONOHARJO 1 SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KETERSEDIAAN KOLEKSI FIKSI TERHADAP MINAT KUNJUNG KE PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR NEGERI SARDONOHARJO 1 SLEMAN YOGYAKARTA)
1114070 BAB-I ATAU V.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KETERSEDIAAN KOLEKSI FIKSI TERHADAP MINAT KUNJUNG KE PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR NEGERI SARDONOHARJO 1 SLEMAN YOGYAKARTA)
11140070 BAB II, III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan koleksi fiksi di SDN Sardonoharo 1 Sleman, mendeskripsikan kondisi minat kunjung siswa di SDN Sardonoharjo 1 Sleman, dan mengetahui sebarapa besar pengaruh ketersediaan koleksi fiksi terhadap minat kunjung ke perpustakaan SDN Sardonoharjo 1 Sleman. Variabel yang digunakan yaitu variabel koleksi fiksi (variabel independent) dan minat kunjung (variabel dependent). Metode pengumpulan data dan menggunakan observasi, angket/kuesioner, dan dokumentasi. Pengambilan sampel seara insidental sampling, dengan jumlah sampel 68 responden. Perhitungan menggunakan rumus mean dan grand mean, pengaruh ketersediaan koleksi fiksi dan minat kunjung menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian koleksi komik termasuk kategori baik dengan nilai rata-rata 2,85 dan minat kunjung termasuk kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata 3,18. Sedangkan pengaruh ketersediaan koleksi fiksi dan minat kunjung pada taraf signifikan 5% dengan N=68 sebesar 0,494. Dengan demikian, r hitung yang diperoleh lebih besar dari r tabel (0,528 0,494). Menunjukkan bahwa koefisien korelasi antara koleksi fiksi dan minat kunjung terdapat korelasi yang cukup berpengaruh karena termasuk dalam kategori 0,400-0,599. Jadi koefisien korelasi antara koleksi fiksi dengan minat kunjung siswa sebesar 0,528 adalah signifikan, artinya semakin tinggi koleksi fiksi maka semakin tinggi minat kunjung siswa. Kesimpulannya adalah koleksi fiksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjung siswa ke perpustakaan SDN Sardonoharjo 1 Sleman di pertahankan dan ditingkatkan karena sudah tinggi, menambah koleksi fiksi yang bermacam-macam agar siswa lebih senang membaca karena dari hasil penelitian koleksi fiksi cukup berpengaruh terhadap minat kunjung siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Syifaun Nafisah, S.T., MT.
Uncontrolled Keywords: Koleksi Fiksi, Minat Kunjung
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Dec 2018 01:12
Last Modified: 04 Dec 2018 01:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31785

Actions (login required)

View Item View Item