PENGARUH MEDIA GUBAHAN LAGU TERHADAP DAYA INGAT PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS III SDIT ASSALAAM SANDEN BANTUL

NURUL HANIFAH, NIM. 14480066 (2018) PENGARUH MEDIA GUBAHAN LAGU TERHADAP DAYA INGAT PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS III SDIT ASSALAAM SANDEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MEDIA GUBAHAN LAGU TERHADAP DAYA INGAT PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS III SDIT ASSALAAM SANDEN BANTUL)
FILE I _NIM.14480066 BAB I - BAB V.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MEDIA GUBAHAN LAGU TERHADAP DAYA INGAT PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS III SDIT ASSALAAM SANDEN BANTUL)
FILE-2_NIM.14480066 BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Nurul Hanifah,"Pengaruh Media Gubahan Lagu terhadap Daya Ingat pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas III SDIT Assalaam Sanden Bantul". Skripsi. Yogyakarta: Program Studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Pembelajaran di sekolah hanya mencatat materi kemudian dihafalkan, seringkali siswa mengeluh dan merasa bosan. Media gubahan lagu dapat mengubah kebosanan siswa dalam pembelajaran dan memudahkan siswa untuk meningkatkan daya ingat sehingga membantu siswa untuk mengingat materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gubahan lagu terhadap daya ingat, khususnya pelajaran IPA kelas III SD materi cuaca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain one group pretest posttest. Siswa kelas III SDIT Assalaam Sanden Bantul tahun ajaran 2017/2018 adalah populasi penelitian ini. Sampel penelitian adalah siswa kelas III A dengan jumlah 22 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media gubahan lagu berpengaruh terhadap daya ingat. Hal ini ditunjukkan oleh Sig. (2-tailed) hasil uji t dengan signifikansi sebesar 0,000, lebih kecil dari 0,05. Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, artinya media gubahan lagu berpengaruh terhadap daya ingat siswa. Berdasarkan uji regresi didapatkan besar sumbangan pengaruh media gubahan lagu terhadap daya ingat adalah 62,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Fitri Yuliawati, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Media Gubahan Lagu, Daya Ingat
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 06 Dec 2018 02:11
Last Modified: 06 Dec 2018 02:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31864

Actions (login required)

View Item View Item