PENGARUH HASIL BELAJAR TPQ TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS IV DI SD NEGERI KARANGTALUN LOR DAN SD NEGERI 2 KARANGTALUN KIDUL KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS

DIAH AYU FERI SELA, NIM. 1620420013 (2018) PENGARUH HASIL BELAJAR TPQ TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS IV DI SD NEGERI KARANGTALUN LOR DAN SD NEGERI 2 KARANGTALUN KIDUL KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH HASIL BELAJAR TPQ TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS IV DI SD NEGERI KARANGTALUN LOR DAN SD NEGERI 2 KARANGTALUN KIDUL KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS)
1620420013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH HASIL BELAJAR TPQ TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS IV DI SD NEGERI KARANGTALUN LOR DAN SD NEGERI 2 KARANGTALUN KIDUL KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS)
1620420013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar TPQ terhadap hasil belajar PAI dan perilaku keagamaan siswa di SD Negeri Karangtalun Lor dan SD Negeri 2 Karangtalun Kidul Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas. Pada penelitian ini terdapat satu variabel bebas yaitu Hasil Belajar TPQ (X) dan dua variabel terikat yaitu hasil belajar PAI (Y1) dan perilaku keagamaan siswa (Y2), penelitian ini dilaksanakan pada kelas IV SD Negeri Karangtalun Lor dan SD Negeri 2 Karangtalun Kidul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, pengambilan sampel yang diambil seluruhnya (penelitian populasi), metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi, metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan menggunakan uji asumsi klasik, yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana, dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, ada pengaruh hasil belajar TPQ terhadap hasil belajar PAI di SD Negeri Karangtalun Lor dan tidak ada pengaruh hasil belajar TPQ terhadap hasil belajar PAI pada SD Negeri 2 Karangtalun Kidul. Kedua, tidak ada pengaruh hasil belajar TPQ terhadap perilaku keagamaan siswa di SD Negeri Karangtalun Lor dan SD Negeri 2 Karangtalun Kidul. Ketiga, hasil belajar dan perilaku keagamaan di kedua SD itu sama artinya ada kesamaan antara keduanya namun nilai mean SD Negeri Karangtalun Lor lebih tinggi pada hasil belajar, sedangkan nilai mean SD Negeri 2 Karangtalun Kidul lebih tinggi pada perilaku keagamaan. Adapun faktor yang mempengaruhi hasil penelitian ini adalah adanya kontribusi hasil belajar TPQ terhadap hasil belajar PAI pada SD Negeri 2 Karangtalun Kidul sangat kecil. Dan peneliti mengalami kekeliruan yang seharusnya mengukur perilaku keagamaan dengan instrumen afektif, namun peneliti menggunakan hasil belajar TPQ yang merupakan instrumen kognitif sehingga tidak berpengaruh pada hasil penelitiannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Sri Sumarni, M. Pd,
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar TPQ, Hasil Belajar PAI, Perilaku Keagamaan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 10 Dec 2018 02:15
Last Modified: 10 Dec 2018 02:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31921

Actions (login required)

View Item View Item