PERSIAPAN AKREDITASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI PERPUSTAKAAN “HAMKA” SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR SLEMAN YOGYAKARTA

Siti Rif’atus Sa’adah, NIM. 15130010 (2018) PERSIAPAN AKREDITASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI PERPUSTAKAAN “HAMKA” SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR SLEMAN YOGYAKARTA. Laporan D3 thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERSIAPAN AKREDITASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI PERPUSTAKAAN “HAMKA” SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR SLEMAN YOGYAKARTA)
15130010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERSIAPAN AKREDITASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI PERPUSTAKAAN “HAMKA” SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR SLEMAN YOGYAKARTA)
15130010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penulisaan laporan ini antara lain sebagai berikut. 1. Mengetahui persiapan yang dilakukan Perpustakaan “HAMKA” SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta dalam mengikuti akreditasi perpustakaan sekolah berdasarkan Standar Akreditasi Perpustakan Nasional RI. 2. Mengetahui komponen-komponen yang menjadi penilaian dalam akreditasi perpustakaan sekolah berdasarkan Standar Akreditasi Perpustakan Nasional RI. 3. Mengetahui kendala yang dialami Perpustakaan “HAMKA” SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta dalam melakukan persiapan akreditasi perpustakaan sekolah. Perpustakaan “HAMKA” SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta mempersiapkan akreditasi perpustakaan sekolah dengan sebaik mungkin. Setiap usaha dilakukan sebagai upaya pemenuhan setiap indikator kunci yang ada di tiap komponen. Usaha tersebut dilakukan setidaknya dapat mencapai standar minimal dari yang ada dalam borang akreditasi. Berikut tahapan dalam mempersiapkan akreditasi sekolah di Perpustakaan “HAMKA” SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta antara lain: 1. Mengajukan surat permohonan akreditasi yang ditujukan kepada BPAD Kabupaten Sleman. Keputusan tersebut diambil oleh kepala perpustakaan dengan bermodalkan keyakinan terhadap manfaat dari terakreditasinya perpustakaan sekolah, dan adanya surat pendirian perpustakaan yang telah ditandatangani oleh dinas pendidikan. 2. Mengajukan surat permohonan bimbingan akreditasi sebagai tindaklanjut dari adanya surat balasan setelah mengajukan surat permohonan akreditasi. Pengajuan surat ini menghasilkan bimbingan dan pendampingan dari BPAD Kabupaten Sleman dan BPAD Provinsi DIY dalam persiapan akreditasi. 3. Membentukan tim sembilan dengan melibatkan seluruh pihak yang ada di sekolah, seperti kepala sekolah, guru, dan karyawan. Hal ini adalah upaya dalam memudahkan pelaksanaan persiapan akreditasi dengan mengacu kepada 9 komponen yang ada dalam borang akreditasi perpustakaan sekolah. 4. Mengecek dan mengusahakan terpenuhinya standar tiap komponen yang ada dalam borang akreditasi perpustakaan sekolah. Usaha dilakukan sebisa mungkin untuk mampu mencapai standar tertinggi atau setidaknya standar minimal yang ada dalam setiap komponen yaitu komponen layanan, kerjasama, koleksi, pengorganisasian bahan perpustakaan, sumber daya manusia, gedung/ruang dan sarana prasarana, anggaran, manajemen perpustakaan, serta perawatan koleksi perpustakaan. 5. Mendapatkan surat pemberitahuan jadwal visitasi akreditasi perpustakaan sekolah. Setelah serangakaian proses persiapan akreditasi, perpustakaan mendapatkan surat pemberitahuan jadwal waktu dan tanggal visitasi akreditasi beserta nama asesor yang akan melakukan penilaian dalam visitasi tersebut. 6. Mempersiapkan acara guna menyambut pelaksanaan visitasi akreditasi perpustakaan serta menyambut kedatangan asesor di Perpustakaan “HAMKA” SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Laporan D3)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Nurdin Laughu, S.Ag., SS., MA
Uncontrolled Keywords: Akreditasi perpustakaan sekolah
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (D3)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Jun 2019 13:25
Last Modified: 19 Jun 2019 13:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32292

Actions (login required)

View Item View Item