Al shakhsiyyah al raisiyyah fi al qissah al qasirah al Shahid li Taufiq al Hakim (dirasah tahliliyyah psikologiyyah li Burhuss Fredrick Skinner )

Fitrah Nur Rochmat, NIM. 13110045 (2018) Al shakhsiyyah al raisiyyah fi al qissah al qasirah al Shahid li Taufiq al Hakim (dirasah tahliliyyah psikologiyyah li Burhuss Fredrick Skinner ). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Al shakhsiyyah al raisiyyah fi al qissah al qasirah al Shahid li Taufiq al Hakim (dirasah tahliliyyah psikologiyyah li Burhuss Fredrick Skinner ))
13110045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Al shakhsiyyah al raisiyyah fi al qissah al qasirah al Shahid li Taufiq al Hakim (dirasah tahliliyyah psikologiyyah li Burhuss Fredrick Skinner))
13110045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah perubahan perilaku dan kondisi psikologis tokoh utama dalam cerpen “asy Syahid” karya Taufiq al Hakim. Adapun objek formal yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori behaviorisme B. F. Skinner. Analisis skripsi ini merupakan bukti dari perubahan perilaku dan kondisi psikologis tokoh utama yang disebabkan oleh lingkungan dan tokoh lain yang ada dalam cerita. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka dan teknik catat. Adapun dalam penyajian hasil analisis data berjenis deskriptif kualitatif. Teori psikologi behaviorisme merupakan teori yang dikemukakan oleh B. F. Skinner untuk menganalisis perubahan perilaku dan kondisi psikologis suatu organisme. Di dalam teori tersebut dipaparkan bahwa perubahan perilaku dibentuk oleh stimulus atau dorongan dari lingkungan disekitarnya, baik dipengaruhi secara langsung oleh responden maupun dipengaruhi secara tidak langsung oleh organisme lain yang ada di sekitarnya atau yang dinamakan dengan tingkah laku operan. Adapun perubahan perilaku dan kondisi psikologis yang terjadi tidak terlepas dengan asumsi-asumsi dasar yang terdapat pada teori behaviorisme B. F. Skinner. Hasil yang diperoleh dari analisis yang telah dilakukan pada tokoh Iblis yang terdapat dalam cerpen dapat disimpulkan bahwa, perayaan kenaikan Isa al Masih yang ada di kota Vatikan secara tidak langsung telah menyebabkan berubahnya perilaku Iblis untuk bertaubat dan beribadah layaknya jamaat Nasrani yang ada di sekitarnya. Adapun pertemuannya dengan para pemuka agama telah banyak merubah kondisi psikologis dan perilaku Iblis, karena tidak satu pun dari mereka yang mau menerimanya untuk bertaubat, sehingga membuat kondisi psikologis Iblis semakin bertambah hancur. Pada akhirnya Iblis menemui malaikat Jibril atas stimulus yang telah diberikan salah satu pemuka agama kepadanya. Penjelasan yang diperoleh Iblis secara langsung dari malaikat Jibril telah menjadikan stimulus bagi Iblis untuk terus melakukan keburukan dan menyesatkan manusia sampai waktu yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Mustari, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: al Shahid, as syahid, cerpen, Taufiq al Hakim
Subjects: Kesusastraan Arab > Cerpen
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Feb 2019 00:59
Last Modified: 27 Feb 2019 00:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32360

Actions (login required)

View Item View Item