IMPLEMENTASI METODE KIBAR DALAM BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DI KELOMPOK ROKET TK IT ASSALAAM PUCANGANOM III MURTIGADING SANDEN BANTUL YOGYAKARTA

ROHMAD NURWAHYUDI, NIM. 14430048 (2018) IMPLEMENTASI METODE KIBAR DALAM BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DI KELOMPOK ROKET TK IT ASSALAAM PUCANGANOM III MURTIGADING SANDEN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE KIBAR DALAM BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DI KELOMPOK ROKET TK IT ASSALAAM PUCANGANOM III MURTIGADING SANDEN BANTUL YOGYAKARTA)
14430048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE KIBAR DALAM BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DI KELOMPOK ROKET TK IT ASSALAAM PUCANGANOM III MURTIGADING SANDEN BANTUL YOGYAKARTA)
14430048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

TuJuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode Kibar dalam belajar membaca Al-Qur’an di kelompok Roket TK IT Assalaam Pucanganom III Murtigading Sanden Bantul Yogyakarta. Adapun informan penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas, wali murid, dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar di TK IT Assalaam Pucanganom III Murtigading Sanden Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan penelusuran dokumentasi. Teknik analisis data yang yang digunakan adalah analisis data kualitatif, dengan menggunakan reduksi data, analisis data, penyajian data dan kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi metode Kibar dalam belajar membaca Al-Qur’an di TK IT Assalaam menggunakan kurikulum 2013. Sistem pembelajaran metode Kibar menggunakan sistem klasikal dan privat. (2) Metode Kibar dapat meningkatkan kemampuan anak dalam belajar membaca Al-Qur’an. Pada tahun ajaran 2014/2015 baru 5 anak dari 80 anak yang sudah sampai Al-Qur’an. Pada tahun ajaran 2015/2016 kemampuan anak dalam membaca Al-Qur’an mencapai 20 anak dari 82 anak yang sudah sampai Al-Qur’an. Sedangkan pada tahun ajaran 2016/2017 kemampuan anak dalam membaca Al-Qur’an setelah menggunakan metode Kibar meningkat sebagaimana 43 dari 71 anak sudah mencapai Al-Qur’an (3) Faktor pendukung dalam inplementasi metode Kibar di TK IT Assalaam Sanden antara lain: kemampuan guru dalam membaca Al-Qur’an, peran orang tua dalam mendampingi anak belajar membaca Al-Qur’an di lingkungan keluarga, kemampuan anak, dan suasana kelas yang kondusif. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan metode Kibar di TK IT Assalaam Sanden antara lain: guru pengajar kurang bisa memahami masing-masing karakter belajar anak, orang tua tidak mendampingi belajar dirumah, dan anak kurang kondusif serta sering cepat berubah perasaannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. Suismanto, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Kibar, Pembelajaran Al-Qur’an, TK IT Assalaam Sanden
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 17 Jan 2019 14:16
Last Modified: 17 Jan 2019 14:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32503

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum