“PENGAJARAN KOSAKATA DALAM BAHASA ARAB MENGGUNAKAN METODE MENGHAFAL DI PONPES DARUL MUSLIHIN BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA”

ARIFANGGASHADILA, NIM. 10420084 (2018) “PENGAJARAN KOSAKATA DALAM BAHASA ARAB MENGGUNAKAN METODE MENGHAFAL DI PONPES DARUL MUSLIHIN BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA”. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (“PENGAJARAN KOSAKATA DALAM BAHASA ARAB MENGGUNAKAN METODE MENGHAFAL DI PONPES DARUL MUSLIHIN BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA”)
10420084_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (“PENGAJARAN KOSAKATA DALAM BAHASA ARAB MENGGUNAKAN METODE MENGHAFAL DI PONPES DARUL MUSLIHIN BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA”)
10420084_BAB-II_sampai_SEBELUM_BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Dengan diterapkannya bahasa Arab sebagai bahasa sehari-hari oleh santri tentunya ada beberapa keterampilan yang harus dikuasai santri. Yaitu mendengar, membaca, berbicara, dan menulis. Sehingga untuk menguasai dan memahami aspek tersebut, santri harus menguasai kosakata yang memadai, untuk mempermudah santri dalam memahami isi dan kedudukan kalimat . Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses Pengajaran Kosakata dalam Bahasa Arab Menggunakan Metode Menghafal di Pondok Pesantren Darul Muslihin, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Yaitu penelitian yang berbentuk deskriptif analisis dan hasilnya digambarkan dengan deskripsi kata-kata atau kalimat dengan kerangka berpikir yang teoritik untuk mendapatkan kesimpulan dari rumusan masalah. Subjek penelitian ini adalah para santri di Pondok Pesantren Darul Muslihin, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Analisis data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya proses pengajaran di Pondok Pesantren Darul Muslihin telah berlangsung dengan baik. Adapun faktor yang menghambat santri dalam mempelajari kosakata/mufrodat bahasa Arab adalah kurangnya fasilitas yang dibutuhkan para santri, seperti tidak adanya laboratorium khusus bahasa dan sebagainya. Dan faktor yang mendukung adalah lingkungan pomdok yang kondusif dan adanya kegiatan pembelajaran kosakata bahasa Arab di luar kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Hal ini akan sangat membantu siswa dalam proses menghafal kosakata/mufrodat bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: kosakata/mufrodat bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Mar 2019 02:14
Last Modified: 20 Mar 2019 02:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33421

Actions (login required)

View Item View Item