PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X DI MAN 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018

Ratna Agustina, NIM. 11420011 (2018) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X DI MAN 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X DI MAN 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018)
11420011_BAB I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X DI MAN 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018)
11420011_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah merosotnya moralitas atau karakter anak bangsa terutama pada dunia pendidikan. Banyaknya tawuran pelajar, pergaulan bebas, kenakalan remaja, dan lain-lain menjadikan perhatian tersendiri dengan adanya penerapan pendidikan karakter kurikulum 2013. MAN 3 Bantul merupakan contoh madrasah yang memberlakukan pendidikan karakter. Semua guru menerapkan pendidikan karakter peserta didik, termasuk guru bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter kurikulum 2013 pada mata pelajaran bahasa Arab, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan pendidikan karakter kurikulum 2013, serta mendeskripsikan dampak dari pembelajaran bahasa Arab terhadap pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan mengambil objek penelitian di MAN 3 Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunkan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pendidikan karakter kurikulum 2013 pada mata pelajaran bahasa Arab dibagi menjadi tiga bagian, yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. (2) Faktor pendukung penerapan pendidikan karakter kurikulum 2013 pada mata pelajaran bahasa Arab adalah materi, namun ada faktor pendukung lain juga yakni SDM, lingkunga, uswah hasanah guru, dan orangtua. Sedangkan faktor penghambatnya adalah peserta didik yang tidak ingin lebih baik, kurangnya perhatian keluarga, lingkungan yang jauh dari norma agama, dan ketidak kompaknya para guru dalam kegiatan keagamaan di sekolah. (3) Dampak pendidikan penerapan karakter kurikulum 2013 yang sesungguhnya adalah setalah siswa tersebut sudah lulus sekolah. Dampak karakter yang terlihat saat ini adalah semangat, kreatif, komunikatif, dan rasa ingin tahu. Kata kunci: pendidikan karakter, kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Ahmad Rodli, M.S.I
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Mar 2019 02:14
Last Modified: 20 Mar 2019 02:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33422

Actions (login required)

View Item View Item