PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN KINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs MAFATIKHUL HUDA JAGASIMA KLIRONG KEBUMEN

Afif Nur Asafu, NIM.1620410020 (2018) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN KINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs MAFATIKHUL HUDA JAGASIMA KLIRONG KEBUMEN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN KINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs MAFATIKHUL HUDA JAGASIMA KLIRONG KEBUMEN)
1620410020_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (73MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN KINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs MAFATIKHUL HUDA JAGASIMA KLIRONG KEBUMEN)
1620410020_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (12MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepemimpinan kepala madrasah dan kinerja guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Mafatikhul Huda Jagasima, kepemimpinan yang dimaksud disini meliputi tipe atau gaya kepemimpinan, karakteristik kepemimpinan, fungsi kepemimpinan dan juga peran kepemimpinan yang dipakai oleh kepala madrasah MTs Mafatikhul Huda dalam menjalankan roda kepemimpinanan nya. Disisi lain penenelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kinerja guru dan mutu pendidikan di MTs Mafatikhul Huda Jagasima, Kinerja guru disini meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Sedangankan yang di maksud mutu pendidikan disini adalah input, proses, dan output yang ada di MTs Mafatikhul Huda Jagasima. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field research) dengan metode kualitatif. Data diperoleh dan dikumpulkan melalui informan yang terpercaya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dari hasil penelitian ini, di lakukan berdasarkan analisis deskriftif, sebagaimana yang dikembangkan oleh miles dan huberman mengemukakan bahwa aktifitas dalam analisis data, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan dan kinerja guru memiliki peran yang baik dalam rangka meningkatkan mutu sebuah lembaga pendidikan. Peran kepemimpinan kepala madrasah dan kinerja guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Mafatikhul Huda memiliki peran yang cukup baik. Tipe kepemimpinan kepala madrasah di MTs Mafatikhul Huda Jagasima adalah tipe kepemimpinan demokratis, hal tersebut bisa dibuktikan dengan sikap kepala madrasah dalam mengambil sebuah keputusan. Sedangkan peran madrasah kepala madrasah di MTs Mafatikhul Huda memiliki berbagai peran diantaranya kepala madrasah sebagai educator, sebagai motivator, kepala madrasah sebagai supervisor. sebagai contoh peran kepala madrasah sebagai educator kepala madrasah mengikutkan guru untuk mengikuti pelatihan. Kinerja guru di MTs Mafatikhul Huda dapat dikatakan baik, karena semua guru telah memiliki empat kompetensi. Mutu pendidikan di MTs Mafatkhul huda dikatakan baik hal tersebut dibuktikan dengan akreditasi yang dimiliki lembaga yaitu akreditasi B

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sukiman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kinerja Guru, Dan Mutu Pendidikan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 05 Mar 2019 04:18
Last Modified: 05 Mar 2019 04:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33561

Actions (login required)

View Item View Item