IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B4 DI TK ISLAM PLUS MUTIARA BANGUNTAPAN BANTUL

SYARA SULIANDRIANI, NIM. 14430047 (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B4 DI TK ISLAM PLUS MUTIARA BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B4 DI TK ISLAM PLUS MUTIARA BANGUNTAPAN BANTUL)
14430047_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B4 DI TK ISLAM PLUS MUTIARA BANGUNTAPAN BANTUL)
14430047_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Model pembelajaran sentra berperan penting dalam mencapai perkembangan yang di lampaui oleh anak, salah satu aspek yang berperan adalah sosial emosional karena berkaitan dengan lingkungan sekitar anak di sekolah maupun di rumah. Tujuan dari model pembelajaran sentra supaya anak lebih bisa mengontrol diri dalam lingkungannya. Terkait dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini kelompok B yang berusia 5 sampai 6 tahun, peserta didik kelompok B4, 2 anak masih ada yang belum dapat menghargai, kurang disiplin saat pembelajaran berlangsung, meninggalkan tanggung jawab saat membereskan alat main, serta enggan berbagi alat main dengan temannya. Penelitian ini memiliki subjek 18 siswa yang terdiri dari 14 anak perempuan dan 4 anak laki-laki. Data yang diperoleh dari hasil penelitian menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran sentra dalam mengembangkan sosial emosional anak selain itu juga memperoleh hasil penelitian serta faktor penghambat dan pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi model pembelajaran sentra dapat mengembangkan sosial emosional anak kelompok B4 di TK Islam Plus Mutiara Banguntapan yang berisi perencanaan dan pelaksanaan memulai dengan rapat kerja kurikulum oleh pendidik dan pengelola yayasan menghasilkan pemilihan perangkat pembelajaran yang berisi Program Tahunan, Program Semester,Tema Sub Tema, RPPM dan RPPH. Model pembelajaran sentra yang diterapkan adalah sentra sains, sentra persiapan, sentra makro, sentra microplay, sentra balok, sentra multimedia, sentra bahan alam, sentra kreativitas dan sentra imtaq, semua sentra dimulai dari pijakan lingkungan main, SOP pembukaan, pijakan sebelum main, pijakan selama main, pijakan sesudah main, istirahat, kegiatan plus, penutup dan penilaian. (2) Implementasi model pembelajaran sentra dalam mengembangkan sosial emosional kelompok B4 di TK Islam Plus Mutiara yaitu perkembangan sosial emosionalnya tinggi sehingga mencapai 88,8%, sehingga dikatakan berhasil mencapai indikator dan berkembangnya sosial emosional anak sudah berjalan sesuai dengan STPPA dalam Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 serta faktor pendukung yaitu SDM di TK Islam Plus Mutiara sudah cukup baik, APE sudah cukup memadai dan faktor penghambat yang ditemukan yaitu sarana dan prasarana masih belum nyaman dan aman bagi anak, APE yang perlu dimaksimal lagi, SDM yang perlu lagi inovatif, dan keberagaman macam pola asuh orang tua dan sifat peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Suismanto, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Sentra, Sosial Emosional, TK Islam Plus Mutiara
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Mar 2019 03:43
Last Modified: 08 Mar 2019 03:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33641

Actions (login required)

View Item View Item