HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 KALASAN

Muhammad Ikhwanulkirom, NIM. 13710087 (2018) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 KALASAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 KALASAN)
13710087_BAB I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 KALASAN)
13710087_BAB-II_Sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan regulasi diri dalam belajar. Subjek pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMPN 3 Kalasan yang berjumlah 118 siswa. Dua skala yang digunakan di dalam penelitian ini adalah skala dukungan sosial orangtua dan skala regulasi diri dalam belajar. Teknik pengambilan sample yang digunakan didalam penelitian ini adalah teknik puposive sampling. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis pearson product moment, menggunakan software SPSS 16.0 for windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa dukungan sosial orangtua dengan regulasi diri dalam belajar memiliki nilai r sebesar 0,347 dan nilai p sebesar 0,000 (P < 0,05) dan hasil tersebut menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan regulasi diri dalam belajar. Semakin tinggi dukungan sosial orangtua maka semakin tinggi juga regulasi diri dalam belajar. Sebaliknya, semakin rendah dukungan sosial orangtua maka semakin rendah juga regulasi diri dalam belajar. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima. Serta sumbangan efektif dukungan sosial orangtua terhadap regulasi diri dalam belajar sebesar 0,120 (12%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Lisnawati, M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial orangtua, regulasi diri dalam belajar
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Mar 2019 03:53
Last Modified: 21 Mar 2019 03:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34004

Actions (login required)

View Item View Item