Al Qisat Al Qasirah Sahil Al Dhahab Li Najib Al Kaylani : Dirasah Tahliliyyah 'an Al Mawdu' Wa Al Shakhsi Wa Al Hubkah Wa Al Mawdu'

Tazkia Qorina Lazuardi, NIM. 14110090 (2019) Al Qisat Al Qasirah Sahil Al Dhahab Li Najib Al Kaylani : Dirasah Tahliliyyah 'an Al Mawdu' Wa Al Shakhsi Wa Al Hubkah Wa Al Mawdu'. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Al Qisat Al Qasirah Sahil Al Dhahab Li Najib Al Kaylani : Dirasah Tahliliyyah 'an Al Mawdu' Wa Al Shakhsi Wa Al Hubkah Wa Al Mawdu')
14110090_BAB 1_BAB 4_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Al Qisat Al Qasirah Sahil Al Dhahab Li Najib Al Kaylani : Dirasah Tahliliyyah 'an Al Mawdu' Wa Al Shakhsi Wa Al Hubkah Wa Al Mawdu')
14110090_BAB 2_BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “al-Qisah al-Qasirah Sahil al-Zahab li Najib al- Kailani (Dirasah Tahliliyyah ’an al-Maudu’, wa al-Syakhsu, wa al-Habkah, wa al-Maudi’)”. Skripsi ini menganalisis tentang unsur intrinsik yang ada dalam cerpen. Peneliti tertarik untuk menganalisis karena cerpen Sahil al-Zahab merupakan salah satu cerpen karya Najib Kailani seorang sastrawan Arab, cerpen tersebut menceritakan tentang sepasang kekasih yang tinggal di India bagian Barat, yaitu Kiralla. Wilayah yang memiliki lingkungan sosial yang parah dan alam yang keras menjadikan penderitaan Syindra Singh tiada henti, sebab itu ia bersikeras untuk merantau ke Pantai Emas yang terletak di Semenanjung Arabia untuk mendapatkan pekerjaan yang layak serta mengangkat harga dirinya. Karena terbentur biaya, kekasihnya rela menjual anting emas kesayangannya untuk biaya merantau. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana cara untuk mengetahui tema, tokoh, alur dan latar dalam cerpen Sahil al-Zahab. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis, yaitu mengambil masalah atau memusatkan perhatian kepada masalah-masalah sebagaimana adanya saat penelitian dilaksanakan, hasil penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulannya. Dengan sumber data primer dan sumber data sekunder, sumber data primer dalam penelitian ini adalah cerpen Sahil al- Zahab karya Najib Kailani, sedangkan data sekundernya adalah buku-buku dan literatur lainnya yang berhubungan dengan topik pembahasan peneliti. Objek material penelitian ini adalah cerpen Sahil al-Zahab karya Najib Kailani, sedangkan objek formalnya adalah teori unsur-unsur intrinsik meliputi tema, tokoh, alur, dan latar. Adapun hasil penelitian adalah tema, tokoh, alur dan latar dalam cerpen Sahil al-Zahab. Tema dalam cerpen ini adalah sebuah harapan, dimana Syindra Singh yang ingin merantau untuk menemukan Pantai Emas yang menurutnya akan memberi pekerjaan layak dan mengangkat harga dirinya. Sedangkan tokoh dalam cerpen ini terbagi menjadi dua: tokoh utama yaitu Syindra Singh dan tokoh pembantunya yaitu Rovina (kekasihnya) dan nahkoda. Alur yang digunakan dalam cerpen Sahilu al-Zahab, maju, dan latar dalam cerpen ini meliputi: latar tempat yaitu kapal, Kiralla dan Pantai Emas, latar waktu yaitu pagi, siang, sore, malam, dan latar sosialnya adalah bagi Syindra Singh kekerasan bukan satusatunya kesalahan yang ada di wilayahnya, karena alam yang keras bersatu padu menjadikan penderitaan manusia di Kiralla sedangkan mencuri dan merampok adalah hal yang dilakukan untuk menyambung hidup. Kata kunci: Tema, tokoh, alur dan latar, cerpen ”Sahil al-Zahab”

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Mohammad Hanif Anwari, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Tema, tokoh, alur dan latar, cerpen ”Sahil al-Zahab”
Subjects: Kesusastraan Arab > Novel - Fiksi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 May 2019 11:00
Last Modified: 03 May 2019 11:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34518

Actions (login required)

View Item View Item