IMPLEMENTASI METODE MENYANYI DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT KELAS VII MTSN 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Wafi Nikmah, NIM. 14420073 (2018) IMPLEMENTASI METODE MENYANYI DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT KELAS VII MTSN 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE MENYANYI DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT KELAS VII MTSN 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018)
14420073_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (38MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE MENYANYI DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT KELAS VII MTSN 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018)
14420073_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah hasil observasi yang menunjukan bahwa di MTsN 1 Yogyakarta menerapkan metode menyanyi dalam pembelajaran mufradat di kelas VII, melalui metode menyanyi ini mampu menambah motivasi siswa dalam menghafal kosa kata. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pembelajaran bahasa Arab khususnya pembelajaran mufradat dengan menerapkan metode menyanyi di kelas VII di MTsN 1 Yogyakarta, serta untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dari penerapan metode menyanyi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan mengambil objek penelitian di MTsN 1 Yogyakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu teknik analisis deskriptif yang berarti mendeskripsikan data yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode menyanyi dalam pembelajaran mufradat di kelas VII berjalan dengan baik, dengan adanya penyusunan buku pegangan siswa yang dibuat sendiri oleh guru dan pemilihan lagu yang tepat juga sangat membantu pembelajaran, tetapi pembelajaran mufradat dengan metode menyanyi belum sesuai dengan teori yang mana pembelajaran mufradat tidak bisa berdiri sendiri. Terdapat beberapa kekurangan dan kelebihan dari implementasi metode menyanyi dalam pembelajaran mufradat kelas VII MTsN 1 Yogyakarta. Salah satu kekurangannya adalah latar belakang siswa yang berbeda serta tingkat kefahaman siswa yang berbeda sehingga dalam pembelajaran akan berdampak pada penguasaan materinya. Adapun kelebihan implementasi metode menyanyi dalam pembelajaran mufradat kelas VII MTsN 1 Yogyakarta yaitu membangkitkan semangat belajar peserta didik dan Meningkatkan motivasi anak untuk belajar bahasa Arab lebih giat lagi. Kata Kunci : Metode Menyanyi, Pembelajaran, Mufradat, MTsN 1 Yogyakart

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. R Umi Baroroh, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Menyanyi, Pembelajaran, Mufradat, MTsN 1 Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 May 2019 09:29
Last Modified: 14 May 2019 09:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34940

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum