HUBUNGAN PENYESUAIAN PERNIKAHAN DAN KELEKATAN DENGAN KEPUASAN PERNIKAHAN PADA ISTRI TNI DI BATALYON INFANTERI YONIF MEKANIS 521 KEDIRI JAWA TIMUR

Riska Zulfi Aprilia, NIM. 12710086 (2019) HUBUNGAN PENYESUAIAN PERNIKAHAN DAN KELEKATAN DENGAN KEPUASAN PERNIKAHAN PADA ISTRI TNI DI BATALYON INFANTERI YONIF MEKANIS 521 KEDIRI JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PENYESUAIAN PERNIKAHAN DAN KELEKATAN DENGAN KEPUASAN PERNIKAHAN PADA ISTRI TNI DI BATALYON INFANTERI YONIF MEKANIS 521 KEDIRI JAWA TIMUR)
12710086_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN PENYESUAIAN PERNIKAHAN DAN KELEKATAN DENGAN KEPUASAN PERNIKAHAN PADA ISTRI TNI DI BATALYON INFANTERI YONIF MEKANIS 521 KEDIRI JAWA TIMUR)
12710086_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Anggota TNI akan ditugaskan kemanapun atas perintah negara dalam kurun waktu yang lama. Penugasan anggota TNI memiliki dampak besar, tidak hanya bagi anggota TNI namun juga bagi pasangannya seperti istri dihadapkan pada banyak beban karena harus menjalankan peran ganda dalam keluarga, adanya kekhawatiran karena tidak ada jaminan keselamatan bagi anggota TNI yang berangkat ke medan perang, komunikasi antara suami istri menjadi terhambat karena keterbatasan sinyal, serta ragu terhadap pasangan dan ketakutan adanya pihak ketiga. Penugasan anggota TNI menganggu kehidupan keluarga dan mempengaruhi tingkat kepuasan pernikahan. Kepuasan pernikahan meningkat apabila pasangan suami istri dapat bertemu sehari-hari. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian pernikahan dan kelekatan (attachment) dengan kepuasan pernikahan pada istri TNI di Batalyon Infanteri Yonif Mekanis 521 Kediri. Jumlah subjek dalam penelitian ini yaitu sebanyak 60 istri tentara. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik nonprobability purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik uji korelasi Product Moment dari Pearson dan xviii korelasi Spearman rho. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif yang signifikan antara penyesuaian pernikahan dengan kepuasan pernikahan pada istri TNI, hal ini ditunjukkan oleh koefisien (rxy) = 0,848 dengan p = 0,000 artinya hipotesis diterima dan terdapat hubungan yang positif yang signifikan antara kelekatan (attachment) dengan kepuasan pernikahan pada istri TNI, hal ini ditunjukkan oleh koefisien (rxy) = 0,768 dengan p = 0,000 artinya hipotesis diterima

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Nuristighfari Masri Khaerani, S.Psi., M.Psi
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : kelekatan, kepuasan pernikahan, penyesuaian pernikahan
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 04 Jul 2019 10:50
Last Modified: 04 Jul 2019 10:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35467

Actions (login required)

View Item View Item