Hubungan Budaya Sekolah Berbasis Budaya Jawa Dan Karakter Sopan Santun Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul

Sabarudin Hidayatulloh, NIM. 15710071 (2019) Hubungan Budaya Sekolah Berbasis Budaya Jawa Dan Karakter Sopan Santun Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Hubungan Budaya Sekolah Berbasis Budaya Jawa Dan Karakter Sopan Santun Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul)
15710071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (Hubungan Budaya Sekolah Berbasis Budaya Jawa Dan Karakter Sopan Santun Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul)
15710071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan budaya sekolah berbasis budaya jawa dan karakter sopan santun. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul dengan sampel sebanyak 154 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive sampling. Adapun alat pengumpulan data dalam penelitian ini berupa skala budaya sekolah berbasis budaya Jawa yang memiliki koefisien alpha sebesar 0,916 dan skala karakter sopan santun yang memiliki koefisien alpha sebesar 0,910. Teknik analisis statistik yang digunakan berupa analisis non parametrik spearman rho. Hasil analisis menunjukkan bahwa hubungan budaya sekolah berbasis budaya Jawa dan karakter sopan santun pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul memiliki nilai correlation coefficient sebesar 0,644 dan taraf signifikansi (p) = 0,000 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukan hubungan positif signifikan antara budaya sekolah berbasis budaya Jawa dan karakter sopan santun. Adapun sumbangan efektif atau besarnya nilai sumbangan yang diberikan oleh variabel budaya sekolah berbasis budaya Jawa sebagai variabel prediktor terhadap variabel karakter sopan santun ditunjukkan oleh nilai pada R square yaitu 0,420 atau sebesar 42 %, sedangkan sebesar 58 % dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: R. Rachmy Diana, S.Psi., M.A
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Budaya Sekolah Berbasis Budaya Jawa, Karakter Sopan Santun.
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Jul 2019 13:58
Last Modified: 04 Jul 2019 13:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35484

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum