PENYELESAIAN PERMAINAN NON-KOOPERATIF DAN PERMAINAN KOOPERATIF N-PEMAIN

NIKE YUNIANTI, NIM. 15610033 (2019) PENYELESAIAN PERMAINAN NON-KOOPERATIF DAN PERMAINAN KOOPERATIF N-PEMAIN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENYELESAIAN PERMAINAN NON-KOOPERATIF DAN PERMAINAN KOOPERATIF N-PEMAIN)
15610033_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENYELESAIAN PERMAINAN NON-KOOPERATIF DAN PERMAINAN KOOPERATIF N-PEMAIN)
15610033_BAB-II_sampai_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Masalah teori permainan merupakan masalah pengambilan keputusan berdasarkan pada situasi konflik yang terjadi diantara beberapa pemain dengan menggunakan strategi optimal. Terdapat dua cara yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan suatu permainan. Pertama, permainan yang dimainkan tanpa membentuk suatu perjanjian yang mengikat atau pemain bermain secara individu. Pemain dalam permainan ini tidak diperbolehkan untuk bekerjasama dengan pemain lain. Kedua, permainan yang dimainkan dengan cara membentuk suatu perjanjian yang mengikat atau bekerjasama dengan pemain lain. Permainan tanpa kerjasama diantara pemainnya (non-kooperatif) memiliki beberapa cara untuk mencari nilai permainannya. Salah satunya adalah dengan menemukan equilibrium strategic-nya. Permainan dengan kerjasama diantara pemainnya (kooperatif) akan lebih menguntungkan apabila permainan dimainkan oleh lebih dari dua pemain (n-pemain). Permainan kooperatif n-pemain dapat diselesaikan dengan core dan nilai Shapley. Pertama mencari nilai fungsi karakteristik dari permainan untuk mengidentifikasi koalisi yang mungkin maupun imbalan yang akan diperoleh apabila melakukan kerjasama. Selanjutnya, mencari imputasi permainan yang digunakan untuk mencari keberadaan core untuk menentukan alokasi payoff dari koalisi. Pemain yang bermain secara kooperatif pasti menginginkan pembagian payoff yang adil untuk setiap pemain dalam koalisi, sehingga nilai Shapley akan digunakan sebagai solusi untuk mengatur payoff tunggal setiap pemain. Kata Kunci: Teori permainan, Permainan Non-Kooperatif, Permainan Kooperatif n-pemain, Fungsi Karakteristik, Imputasi, Core, Nilai Shapley.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Muhammad Wakhid Musthofa, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Teori permainan, Permainan Non-Kooperatif, Permainan Kooperatif n-pemain, Fungsi Karakteristik, Imputasi, Core, Nilai Shapley.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Mar 2020 08:34
Last Modified: 05 Mar 2020 08:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35936

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum