PROGRAM SEKOLAH MENYENANG KAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SD MUHAMMADIYAH MACANAN SLEMAN YOGYAKARTA

RIDWAN ALAWI SADAD, NIM: 14490017 (2019) PROGRAM SEKOLAH MENYENANG KAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SD MUHAMMADIYAH MACANAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM SEKOLAH MENYENANG KAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SD MUHAMMADIYAH MACANAN SLEMAN YOGYAKARTA)
14490017_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM SEKOLAH MENYENANG KAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SD MUHAMMADIYAH MACANAN SLEMAN YOGYAKARTA)
14490017_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Ridwan Alawi Sadad. Program Sekolah Menyenangkan untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SD Muhammadiyah Macanan Sleman Yogyakarta Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 2019. Pendidikan anak pada dasarnya didesain agar bisa mempengaruhi pola pikir, pola tindakan, cara pemecahan masalah dan perbuatan anak. Untuk menuju proses pembelajaran seperti itu sekolah harus menciptakan atmosfer yang membuat setiap anak merasa diterima, nyaman dan bebas mengekspresikan dirinya. sekolah harus menjadi tempat belajar yang nyaman dan menyenangkan bagi anak. Anak-anak harus belajar dengan riang tanpa tekanan dan rasa takut saat berada di sekolah. seperti halnya di SD Muhammadiyah Macanan, dengan program sekolah menyenangkan diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran yang nantinya akan berdampak positif pada mutu pendidikan. Dengan demikian terdapat empat hal menarik yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimana program sekolah menyenangkan SD Muhammadiyah Macanan Sleman Yogyakarta, (2) bagaimana pelaksanaan program sekolah menyenangkan, serta (3) bagaimana hasil dan pencapaian program sekolah menyenangkan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SD Muhammadiyah Macanan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian menganalisis dan mengolah data yang telah didapat dilapangan mulai dari transkrip sampai dengan interpretasi data. Narasumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan orang tua/wali siswa. Penelitian ini dilakukan tanggal 4 Februari sampai 12 April 2019 di SD Muhammadiyah Macanan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) SD Muhammadiyah Macanan mengembangkan program sekolah menyenangkan sebagai upaya untuk menciptakan suasana pembelajaran baru yang dapat memberikan kenyamanan dan kesenangan pada siswa ketika belajar di sekolah. Guna mencapai kondisi demikian, SD Muhammadiyah merancang beberapa landasan program sekolah menyenangkan, yaitu; a) memahami psikologi kebutuhan anak, b) merubah mindset, c) guru sebagai fasilitator, d) membangun komunikasi antara sekolah dan orang tua, e) menciptakan budaya sekolah. (2) Pelaksanaan program sekolah menyenangkan di SD Muhammadiyah Macanan dikemas dalam beberapa program seperti, menciptakan kelas dinamis dan kreatif, outclass, student voice, character reward, leadership dan parenting. (3) Program sekolah menyenangkan di SD Muhammadiyah Macanan dapat memberikan beberapa perubahan seperti; a) menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, b) meningkatkan keterlibatan siswa, c) membentuk karakter atau perilaku yang baik, d) meningkatkan keterlibatan orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nur Rohmah, M. Ag.,
Uncontrolled Keywords: Program Sekolah Menyenangkan, Mutu Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Mar 2020 07:44
Last Modified: 06 Mar 2020 07:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35990

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum