DAMPAK IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH BAGI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH (Studi Kasus di Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta III)

FRISKA FAUZI - NIM. 05140031, (2010) DAMPAK IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH BAGI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH (Studi Kasus di Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta III). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (DAMPAK IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH BAGI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH (Studi Kasus di Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta III))
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (722kB) | Preview
[img] Text (DAMPAK IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH BAGI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH (Studi Kasus di Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta III))
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (802kB)

Abstract

Fokus pada penelitian ini adalah membahas mengenai Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), Perpustakaan MAYOGA, serta Pengembangannya. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui dampak implementasi sistem Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) bagi pengembangan perpustakaan di MAYOGA dan 2) untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung implementasi sistem MBS khususnya di perpustakaan MAYOGA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis induktif. Subjek dari penelitian adalah informan yang berjumlah 11, dengan 2 sumber tambahan. Metode pengumpulan datanya adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data induktif didasarkan pada teori Milles dan Hubermann yakni dengan cara 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan Kesimpulan, dan 4) Verifikasi data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi MBS di Perpustakaan MAYOGA memberikan dampak yang positif bagi aspek pengembangan perpustakaan MAYOGA dengan dasar-dasar sebagai berikut yakni status perpustakaan yang semakin mantap, adanya pembiayaan rutin, gedung perpustakaan yang representatif, pengembangan koleksi secara berkala, pengembangan fasilitas perpustakaan secara bertahap, peningkatan SDM untuk tenaga perpustakaan, serta adanya inovasi pada layanan perpustakaan dan kegiatan promosi yang semakin beraneka ragam. Walaupun dalam praktiknya terdapat kendala seperti perhatian masyarakat dan manajer masih minim serta kadang pendanaan terhambat, namun secara umum implementasi MBS di perpustakaan MAYOGA berdampak positif bagi pengembangan perpustakaan sekolah, karena adanya semangat dari pengelola perpustakaan dan pihak sekolah dalam melaksanakan sistem Manajemen Berbasis Sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Purwono, SIP., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), Perpustakaan MAYOGA, Pengembangan Perpustakaan MAYOGA
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2012 17:10
Last Modified: 13 Oct 2015 01:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3632

Actions (login required)

View Item View Item