EFEKTIVITAS METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN SISWA KELAS XI SMK MA’ARIF 1 WATES TAHUN AJARAN 2018/2019

TITIK MARINI, NIM. 14410030 (2019) EFEKTIVITAS METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN SISWA KELAS XI SMK MA’ARIF 1 WATES TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN SISWA KELAS XI SMK MA’ARIF 1 WATES TAHUN AJARAN 2018/2019)
14410030_BAB-I-IV-DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN SISWA KELAS XI SMK MA’ARIF 1 WATES TAHUN AJARAN 2018/2019)
14410030_BAB-II_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bahwa awal pembelajaran Al-Qur’an di SMK Ma’arif 1 Wates menggunakan metode qiro’ati kemudian diganti menjadi metode yanbu’a, dengan alasan bahwa :metode qiro’ati memiliki peraturan mengenai batasan maksimal usia dalam belajar yaitu, pertama,usia awal masuk untuk dapat belajar metode qiro’ati yaitu usia 7 tahun. Kedua, usia remaja sampai dengan dewasa merupakan usia yang dipersiapkan untuk dijadikan ustad atau ustadzah dalam jangka panjang. Ketiga waktu yang digunakan dalam belajar metode qiro’ati sangatlah padat, yaitu dua jam dalam satu kali pertemuan. Keempat, jika kitab qiro’ati habis maka ustad atau ustadzah yang mengampu harus mengambil jilid di pusat yaitu di kota Semarang dengan mempresentasikan jumlah santri, keadaan santri dan ustad, serta pencapaian yang sudah didapat oleh santri selama proses pembelajaran berlangsung dikarenakan jilid qiro’ati tidak diperjual belikan secara bebas. Selain itu, pencapaian dalam pembelajaan Al- Qur’an dengan menggunakan metode qiro’ati kurang maksimal karena selain susahnya peraturan pembelajaran juga sedikitnya ustadz dan ustadzah yang mempunyai sertifikat metode qiro’ati. Sehingga diterapkanlah metode baru pengganti metode qiro’ati yaitu metode yanbu’a. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini merupakan suatu langkah penelitian lapangan. Dimana penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang mengunakan informasi yang diperoleh melalui sasaran peneliti dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan tes membaca jiid yanbu’a. Subjek yang merupakan sumber utama informasi atau key informan adalah Ustad serta Ustadzah dan juga Bapak Muslim selaku koordinator pembelajaran Al-Qur’an, serta siswa SMK Ma’arif 1 Wates. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pembelajaran Al-Qur’an dengan metode yanbu’a merupakan salah satu kegiatan pembelajaran Al-Qur’an yang diwajibkan bagi seluruh siswa SMK Ma’arif 1 Wates yang dilaksanakan setiap satu minggu sekali pada hari Sabtu. Adapun tujuan dari pembelajaran ini yaitu diharapkan siswa dapat membaca Al- Qur’an dengan baik sesuai dengan fashohah atau makhorijul huruf, tartil atau tempo membaca, serta panjang pendek suatu bacaan. Sedangkan dalam tahap pembelajaranya juga sudah melaksanakan tahapan-tahapan pembelajaran metode yanbu’a, dimulai dari pembukaan hingga penutup. (2) Hasil atau efektivitas penggunaan metode yanbu’a dalam pembelajaran Al-Qur’an di SMK Ma’arif 1 Wates dikatakan sudah efektif, karena seluruh peserta didik telah mencapai target pembelajaran. Kata Kunci: Metode Yanbu’a, Pembelajaran Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Munawwar Khalil, S.Ag, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Yanbu’a, Pembelajaran Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Mar 2020 13:18
Last Modified: 16 Mar 2020 13:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36941

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum