EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW MATERI POKOK

SITI JURIYAH - NIM. 05440026, (2010) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW MATERI POKOK. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW MATERI POKOK ”STRUKTUR ATOM” UNTUK SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
BAB I, V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW MATERI POKOK ”STRUKTUR ATOM” UNTUK SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
BAB II, III IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (400kB)

Abstract

Penelitian dengan judul Eksperimentasi Pembelajaran Kimia dengan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Materi Pokok quot;Struktur Atom quot; untuk Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia kelompok eksperimen (kelompok yang menerapkan model Cooperative Learning tipe Jigsaw dalam pembelajaran kimia materi pokok quot;Struktur Atom quot;) dengan kelompok kontrol (kelompok yang tidak menerapkan model Cooperative Learning tipe Jigsaw dalam pembelajaran kimia materi pokok Struktur Atom) . Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes (pretest dan post-test) dan observasi. Untuk menguji keampuhan instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas isi (content validity) dengan rumus Point Biserial Correlation dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus formula Kuder Richardson (KR20). Persyaratan analisis data menggunkan uji normalitas sebaran dengan rumus Kolmogorov-Smirnov, sedangkan untuk uji homogenitas varian dilakukan dengan menggunakan rumus uji F. Analisis data dengan menggunakan uji quot;t quot;. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia siswa dalam kelompok eksperimen (kelompok yang menerapkan model Cooperative Learning tipe Jigsaw dalam pembelajaran kimia materi pokok Struktur Atom quot;) dengan kelompok kontrol (kelompok yang tidak menerapkan model Cooperative Learning tipe Jigsaw dalam pembelajaran kimia materi pokok quot;Struktur Atom) quot;. Perbedaan ini dapat dilihat dari skor rata-rata post-test kelompok eksperimen sebesar 11,82, sedangkan kelompok kontrol memperoleh skor rata-rata post-test sebesar 8,50. Kemudian dari rata-rata peningkatan kemampuan hasil belajar kimia siswa, kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi yaitu sebesar 4,32, sedangkan pada kelompok kontrol hanya sebesar 1,09.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Khamidinal, M.Si.
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, Cooperative Learning, Jigsaw, prestasi belajar
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 14 Aug 2012 13:32
Last Modified: 08 Dec 2016 07:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3737

Actions (login required)

View Item View Item