HUBUNGAN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN DENGAN TINGKAT MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA N I SANDEN BANTUL YOGYAKARTA

SUNARTO, NIM. 15490093 (2019) HUBUNGAN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN DENGAN TINGKAT MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA N I SANDEN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN DENGAN TINGKAT MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA N I SANDEN BANTUL YOGYAKARTA)
15490093_BAB I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN DENGAN TINGKAT MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA N I SANDEN BANTUL YOGYAKARTA)
15490093 _BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah belajar dapat mengubah tingkah laku. Tingkah laku yang mengalami perubahan karena belajar menyangkut aspek-aspek kepribadian. Dalam kegiatan belajar, motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruan daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar. Motivasi akan menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar. Motivasi belajar timbul karena faktor intrinsik dan ekstrinsik. Sarana prasarana pendidikan termasuk dalam faktor ekstrinsik yang mempengaruhi motivasi belajar. Adanya sarana prasarana pendidikan yang memadahi akan mencerminkan kualitas pendidikan dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi siswa SMA N I Sanden Bantul Yogyakarta. Dengan teknik simple random sampling diambil 239 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik skala, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data meliputi analisis deskriptif korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan: (1) tingkat motivasi belajar siswa SMA N I Sanden Bantul Yogyakarta secara umum tinggi, yaitu 79%. (2) tingkat kelengkapan sarana prasarana pendidikan secara umum tinggi, yaitu 83%. (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara sarana prasarana pendidikan dengan motivasi belajar siswa SMA N I Sanden Bantul Yogyakarta, (rxy = 0,981 dan p = 0,000 (two-tailed), p < 0,05) artinya tingginya tingkat sarana prasarana pendidikan mempengaruhi tingkat motivasi belajar siswa dalam tingkat kategori tinggi dengan persentase 79%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ichsan, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Sarana Prasarana Pendidikan, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan > Administrasi Sekolah (School Administration)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 27 Jan 2020 14:16
Last Modified: 27 Jan 2020 14:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37777

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum