IMPLEMENTASI BERMAIN PERAN MIKRO DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN KELOMPOK B2 DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) BODON JAGALAN BANGUNTAPAN BANTUL

ANNISA NOOR HANATY ZUNISALLY, NIM 15430092 (2019) IMPLEMENTASI BERMAIN PERAN MIKRO DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN KELOMPOK B2 DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) BODON JAGALAN BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI BERMAIN PERAN MIKRO DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN KELOMPOK B2 DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) BODON JAGALAN BANGUNTAPAN BANTUL)
15430092_BAB-I_atau_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI BERMAIN PERAN MIKRO DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN KELOMPOK B2 DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) BODON JAGALAN BANGUNTAPAN BANTUL)
15430092-BAB-II-sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan bermain peran mikro yang diterapkan di TK ABA Bodon dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak kelompok B2. Anak berkomunikasi menggunakan media permainan seperti balok dan miniatur peralatan masak. Kegiatan bermain peran mikro membuat anak tertarik, antusias, senang, kreatif dan imajinatif sehingga perkembangan bahasa anak dapat terstimulasi secara optimal. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi bermain peran mikro dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun kelompok B2 di TK ABA Bodon? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dapat mempengaruhi dalam stimulasi perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun kelompok B2 dengan bermain peran mikro di TK ABA Bodon? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan lokasi TK ABA Bodon Celenan Jagalan Banguntapan Bantul. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, yaitu menguji kredibilitas data dengan cara membandingkan berbagai teknik yang berbeda terhadap sumber yang sama. ix Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi bermain peran mikro anak kelompok B2 di TK ABA Bodon yang dilaksanakan di sentra balok memerlukan beberapa langkah yaitu (1) Persiapan, pendidik mempersiapkan tempat, bahan dan alat (2) Pelaksanaan, anak berkelompok membangun, berbagi dan memainkan peran (3) Evaluasi/refleksi, pendidik dan anak tanya jawab tentang pengalaman bermain peran. Bermain peran mikro dapat menstimulasi perkembangan bahasa anak, terbukti ada peningkatan perkembangan bahasa yang signifikan pada setiap bulan, dilihat dari penilaian perkembangan bulanan anak, dari 16 anak 12 anak BSB 4 anak BSH. Faktor pendukung bermain peran mikro yaitu sarana prasarana, tenaga pendidik dan antusias peserta didik. Faktor penghambatnya adalah ruang kelas sempit dan mood anak yang tidak stabil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Nadlifah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Bermain Peran Mikro, Perkembangan Bahasa
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 03 Feb 2020 10:57
Last Modified: 03 Feb 2020 10:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37930

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum