EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN KIMIA KELAS X SEMESTER 2 MAN WONOKROMO BANTUL TAHUN AJARAN 2008/2009

SELVIANA JUFRI - NIM. 05440037, (2010) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN KIMIA KELAS X SEMESTER 2 MAN WONOKROMO BANTUL TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN KIMIA KELAS X SEMESTER 2 MAN WONOKROMO BANTUL TAHUN AJARAN 2008/2009)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (603kB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN KIMIA KELAS X SEMESTER 2 MAN WONOKROMO BANTUL TAHUN AJARAN 2008/2009)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Ada tidaknya perbedaan minat belajar kimia antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode ceramah. 2) Ada tidaknya perbedaan prestasi belajar siswa ketika mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan ceramah dalam waktu yang berbeda. 3) Tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran kooperatif tipe TGT. Penelitian ini dilakukan di MAN Wonokromo Bantul Kelas X Semester 2 Tahun Ajaran 2008/2009 pada Materi Pokok Senyawa Hidrokarbon. Populasi yang diambil pada penelitian ini adalah semua siswa kelas X yang terdiri dari enam kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X3 sebagai kelas eksperimen (A1) dan kelas X4 sebagai kelas kontrol (A2). Dalam penelitian ini sampel diambil secara acak. Teknik pengumpulan data meliputi pemberian pretest untuk mengetahui penguasaan awal siswa, pemberian post-test untuk mengetahui penguasaan akhir siswa, dan angket tanggapan siswa untuk mengetahui minat siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode kooperatif tipe TGT lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pelajaran dengan menggunakan metode ceramah. Tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran kooperatif tipe TGT cukup baik yaitu presentase indikator tanggapan pada guru (fasilitator) sebesar 59,38%, kegiatan siswa 79,50%, dan penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT 80,77%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Nina Hamidah, S.Si., M.A.
Uncontrolled Keywords: Metode kooperatif tipe TGT, minat, dan prestasi belajar
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2012 08:19
Last Modified: 19 Feb 2016 03:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3834

Actions (login required)

View Item View Item