KOLABORASI ANTARA GURU PAI DENGAN PEMBINA PRAMUKA DALAM MEMBANGUN BRANDINGSELF PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI SMP NEGERI 8 PURWOREJO

DIAN FATHUL HIDAYAH, 15410137 (2019) KOLABORASI ANTARA GURU PAI DENGAN PEMBINA PRAMUKA DALAM MEMBANGUN BRANDINGSELF PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI SMP NEGERI 8 PURWOREJO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KOLABORASI ANTARA GURU PAI DENGAN PEMBINA PRAMUKA DALAM MEMBANGUN BRANDINGSELF PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI SMP NEGERI 8 PURWOREJO)
15410137_BAB I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (KOLABORASI ANTARA GURU PAI DENGAN PEMBINA PRAMUKA DALAM MEMBANGUN BRANDINGSELF PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI SMP NEGERI 8 PURWOREJO)
15410137_BAB II_sampai SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK DIAN FATHUL HIDAYAH. Kolaborasi Antara Guru PAI dengan Pembina Pramuka dalam Membangun Brandingself Peserta didik Melalui Kegiatan Kepramukaan Di SMP Negeri 8 Purworejo. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kesulitan Guru PAI dalam membangun brandingself peserta didik. Hal ini terlihat dengan adanya peserta didik yang masih merasa tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar, hilangnya kepercayaan diri, canggung dalam peranan sosialnya, ragu untuk bertindak, terlalu gelisah dan sibuk memikirkan pandangan orang lain terhadap dirinya. Akibatnya peserta didik tersebut menjadi cemas tentang segala sesuatu yang ada pada dirinya. Jika terus dibiarkan, hal ini tentu akan menghambat perkembangan diri dari peserta didik itu sendiri. Peserta didik dengan brandingself atau citra diri negatif memandang tantangan sebagai halangan, yang menjadikan peserta didik menjadi mudah menyerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kolaborasi antara Guru PAI dengan Pembina Pramuka dalam membangun brandingself peserta didik melalui kegiatan kepramukaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data kualitatif. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Deskripsi kegiatan dalam membangun brandingself peserta didik melalui kolaborasi yang dilakukan Guru PAI dan Pembina Pramuka meliputi tujuan, pihak-pihak yang terlibat, materi, strategi yang digunakan serta bentuk kerjasama yang dilakukan. 2) Cara yang dilakukan Guru PAI dan Pembina Pramuka dalam membangun brandingself antara lain: a) pembentukan karakter yang dilakukan melalui kultur sekolah dan kegiatan pramuka, dan b) peningkatan prestasi dalam bidang pramuka melalui pemberian tantangan, latihan rutin, membentuk dewan penggalang yang baik, membiasakan sikap disiplin dan motivasi. 3) Hasil kolaborasi berdasarkan indikator peningkatan brandingself atau citra diri terlihat bahwa peserta didik memiliki percaya diri yang kuat, berambisi yang kuat, memiliki toleransi serta solidaritas yang kuat dan memiliki kepribadian atau karakter unggul serta religius

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.H.Suwadi,S.Ag.,M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Kolaborasi, brandingself peserta didik.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Sep 2020 13:53
Last Modified: 18 Sep 2020 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38484

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum