PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-HUDA PACITAN TAHUN AJARAN 2019/2020

ROIHATUL HASNA’, 15420051 (2019) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-HUDA PACITAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-HUDA PACITAN TAHUN AJARAN 2019/2020)
15420051_ROIHATUL HASNA’_BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-HUDA PACITAN TAHUN AJARAN 2019/2020)
15420051_ROIHATUL HASNA’_BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Roihatul Hasna’ 15420051. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Huda Pacitan Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa ternyata lingkungan keluarga dan motivasi merupakan penentu baik buruknya prestasi belajar anak. Hal ini yang sangat mempengaruhi adalah keluarga dalam memberikan motivasi belajar yang sangat besar kepada anak terutama prestasi belajar bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui lingkungan keluarga dan motivasi belajar siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Huda Pacitan Tahun Ajaran 2019/2020. (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Huda Pacitan Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto. Instrumen dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas terhadap angket lingkungan keluarga dan motivasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Variabel dalam penelitian ini ada dua: variabel bebas yaitu lingkungan keluarga dan motivasi (variabel X) sedangkan variabel terikatnya prestasi belajar bahasa Arab (variabel Y). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis dengan analisis regresi. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Besarnya skor rata-rata pada variabel lingkungan keluarga siswa adalah 43,42. Besarnya skor rata-rata pada variabel motivasi belajar bahasa Arab siswa adalah 44,92. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa skor pada variabel motivasi belajar siswa pada umumnya adalah sangat mendukung. (2) Banyaknya skor rata-rata pada variabel prestasi belajar siswa adalah 85,21. Hasil analisis korelasi parsial diperoleh nilai koefisien korelasi antara lingkungan keluarga siswa terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa adalah 0,640 dan signifikansinya adalah 0,000 yang kurang dari 0,05, dan nilai koefisien korelasi antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa adalah 0,696. Signifikansinya adalah 0,000 yang kurang dari 0,05. Ini berarti ada korelasi yang signifikan antara lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Huda Pacitan Tahun Ajaran 2019/2020. Sedangkan dari analisis Regresi dapat diketahui besarnya koefisien determinasi yaitu 0,589.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurhadi, MA
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Sep 2020 08:17
Last Modified: 21 Sep 2020 08:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38513

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum